Umpan balik (feedback) pelanggan merupakan bentuk interaksi yang disampaikan oleh pelanggan kepada pemilik bisnis setelah berinteraksi dangan layanan atau penggunaan produk yang di tawarkan oleh penjual kepada pelanggan. Seiring dengan kebutuhan dan keinginan customer atau pelanggan yang sangat beragam dan terus berubah sesuai dengan perkembangan zaman dan teknologi. Mendapatkan umpan balik dari pelanggan merupakan bagian penting saat anda menjalankan bisnis. Karena ini merupakan aturan pertama yang perlu anda perhatikan dalam memberikan pelayanan bagi pelanggan. Dan bagi pelanggan hal tersebut menunjukkan bahwa anda mendengarkan dan peduli kepada mereka. Sedangkan bagi anda sebagai pelaku bisnis online, hal ini merupakan cara penting untuk mendapatkan kredibilitas bisnis anda.

Pertanyaannya sekarang adalah “Penting kah Feedback Customer Untuk Bisnis Online Anda?”. Pertanyaan yang terdengar simple sih, tapi pada kenyataannya hal ini merupakan sebuah kewajiban bagi seorang pebisnis yang ingin mengembangkan bisnisnya ke depan untuk lebih maju.

Baca juga : 5 Tips Menarik Pelanggan Baru dan Mempertahankan Pelanggan Tetap

Berikut ini ada beberapa alasan kenapa feedback itu penting bagi bisnis online anda :

“Menarik Customer Baru”

feedback customer
Testimony dari pelanggan di media social dapat menarik minat konsumen baru

Sebagian para pelanggan lebih mendengarkan pengalaman pribadi dari orang lain tentang informasi dan manfaat dari produk itu sendiri dari pada informasi dari perusahaan tersebut. Sebagian besar konsumen yakin untuk membeli atau tidak membeli produk tersebut sangat dipengaruhi oleh komentar-komentar konsumen lain di sosial media maupun di berbagai market place. Karena itu feedback sangat memberikan dampak yang cukup besar untuk menarik para customer baru. Dan tidak dapat dipungkiri lagi bahwa saat ini media social memang juga banyak memberikan dampak yang positif bagi perkembangan suatu bisnis.

“Menghindari Citra Buruk”

Betapa bahayanya jika banyak berita-berita buruk tentang sebuah perusahaan tersebar di internet. Mungkin di masa saat media sosial masih belum merajalela, berita buruk tentang sebuah perusahaan masih belum terlalu mudah untuk tersebarkan. Tetapi, seperti yang dikatakan rule of thumb berikut ini: jika anda membuat pelanggan kecewa di dunia fisik, maka mereka akan memberitahu 6 teman-temannya. Tetapi jika anda membuat pelanggan kecewa di dunia internet, maka mereka dapat menyebarkan ke sekitar 6.000 orang lainnya. Maka dari itu sebagai pebisnis anda harus mampu menciptakan feeedback yang positif dari customer, dengan memberikan kesempatan kepada mereka untuk menyampaikan informasi tentang produk/ jasa yang anda tawarkan.

Baca juga : 6 Langkah Jitu Menangani Komplain Pelanggan di Media Sosial

“Sebagai Bahan Evaluasi Perusahaan”

feedback customer
Feedback dari pelanggan berguna untuk evaluasi bagi perusahaan agar bisa lebih baik dalam meningkatkan kualitas produk/ jasa yang di tawarkan.

Penting sekali bagi suatu perusahaan mendapatkan umpan balik (feedback) dari pelanggan mengenai kebutuhan, keinginan dan masukan dari pelanggan tentang bagaimana reaksi setelah mengkonsumsi produk atau jasa yang ditawarkan oleh perusahan. Seringkali informasi dari pelanggan tersebut merupakan ide-ide cemerlang untuk kemajuan produk dan pelayanan bagi suatu perusahaan. Feedback dari pelanggan juga berguna untuk evaluasi bagi para perusahaan agar bisa lebih baik dalam meningkatkan sebuah produk/jasa yang di tawarkan. Sebab tanpa adanya feedback dari pelanggan anda tidak akan mengetahui apakah produk/jasa yang anda tawarkan sudah memberikan manfaat atau justru malah memberikan ketidakpuasan terhadap para pelanggan itu sendiri.

“Menciptakan Loyalitas Pelanggan”

Perusahaan yang lebih aktif menanggapi pelanggan-pelanggannya pasti akan mendapatkan hasil yang lebih baik. Pelanggan yang menerima respon dengan cepat dan efektif memiliki kecenderungan untuk merekomendasikan produk/ jasa tersebut kepada orang lain sehingga loyalitas pelanggan terhadap perusahaan sudah tidak bisa diragukan lagi. Untuk itu penting bagi perusahaan menyediakan fasilitas kepada pelanggan  untuk menyampaikan tanggapan mereka terhadap produk/ jasa yang sudah dibeli agar mereka dapat memberikan feedback yang positif bagi perusahaan.

Baca juga : Pentingnya Testimoni Dalam Bisnis Online

Itu lah sebabnya penting sekali bagi suatu perusahaan mendapatkan umpanbalik (feedback) dari pelanggan mengenai kebutuhan, keinginan dan masukan dari pelanggan tentang bagaimana reaksi setelah mengkonsumsi produk atau jasa yang ditawarkan oleh perusahan. Seringkali informasi dari pelanggan tersebut merupakan ide-ide cemerlang untuk kemajuan produk dan pelayanan bagi suatu perusahaan. Feedback dari pelanggan juga berguna untuk menjadi evaluasi bagi para perusahaan sehingga perusahaan memiliki motivasi untuk bisa lebih baik dalam meningkatkan sebuah produk/ jasa yang di tawarkan.