Bisnis online adalah bisnis berbasis kepercayaan. Jika dalam kegiatan jual beli konvensional terjadi pertemuan langsung antara penjual dan pembeli, maka tidak demikian dengan jual beli online. Penjual dan pembeli dalam bisnis online tidak bertatap muka secara langsung. Bahkan seringkali juga tidak mengenal satu sama lain. Karena itu, kepercayaan adalah modal paling kuat dalam transaksi online. Biasanya pembeli akan semakin percaya untuk berbelanja di sebuah online shop setelah membaca review atau testimoni dari konsumen sebelumnya.

Apabila Anda sedang merintis bisnis online, membangun kepercayaan menggunakan testimoni terbukti sangat efektif serta memiliki peranan penting. Berikut ini merupakan pentingnya testimoni bisnis online.

  1. Testimoni Sebagai Bahan Evaluasi

Dalam transaksi konvensional, respon pembeli bisa langsung disampaikan melalui lisan. Respon tersebut bisa berupa ucapan terimakasih, pertanyaan, kekecewaan, atau kepuasan. Sedangkan dalam transaksi online, respon tersebut muncul dalam bentuk tulisan. Testimoni yang disampaikan oleh pembeli ini bisa dijadikan sebagai bahan evaluasi toko online agar semakin baik kedepannya.

pentingnya testimoni bisnis online
Contoh Testimoni

Pelajari testimoni yang disampaikan oleh para pembeli. Pertahankan hal-hal positif yang disukai oleh pembeli dan perbaiki hal-hal yang membuat pembeli kecewa. Usahakan agar nantinya, tidak ada lagi hal yang membuat pembeli memberikan penilaian negatif terhadap toko online Anda.

Baca juga : Entrepreneur Sukses akan Membangun Hubungan dengan 4 Orang ini

  1. Testimoni Untuk Menumbuhkan Kepercayaan

Seperti yang sudah dibahas di atas, bisnis online merupakan bisnis berbasis kepercayaan. Tingkatkan pelayanan toko online Anda untuk meraih kepuasan pelanggan. Apabila toko online Anda mendapat banyak testimoni positif, maka calon pembeli yang akan berbelanja menjadi lebih percaya. Saat bertransaksi, Anda bisa berpesan kepada para pembeli untuk menuliskan testimoninya.

Tapi Anda perlu hati-hati agar pembeli tidak kecewa dan menuliskan testimoni buruk. Calon pembeli tentu akan berfikir ulang membeli produk Anda jika testimoni yang ada bermuatan negatif. Segeralah memperbaiki kualitas bisnis Anda.

  1. Testimoni Sebagai Marketing Gratis

Pelanggan yang puas biasanya tidak hanya akan  memberikan testimoni positif berupa tulisan. Mereka juga tidak akan segan menceritakan pengalam belanja mereka di toko online Anda kepada orang lain. Bahkan tidak jarang, mereka akan merekomendasikan toko online Anda kepada kawan, kerabat, maupun relasi.

Hal ini tentu bermanfaat bagi toko online Anda. Pastikan berikan pelayanan terbaik agar pembeli menceritakan hal positif tentang toko online Anda. Secara tidak langsung, ini akan menjadi salah satu bentuk marketing gratis bagi bisnis online Anda.

  1. Testimoni Sebagai Bahan Beriklan

Testimoni-testimoni positif dari para pembeli bisa Anda manfaatkan sebagai materi iklan toko online Anda. Screenshot-lah testimoni dari pembeli, kemudian posting di akun toko online Anda. Selain itu, testimoni ini juga dapat Anda manfaatkan sebagai bahan untuk membuat iklan advertorial.

Baca juga : Mencari Supplier Terpercaya Dalam Bisnis Online

  1. Testimoni Sebagai Bentuk Apresiasi Kepada Pembeli

Selain sebagai materi iklan, marketing gratis, serta bahan evaluasi, testimoni memiliki manfaat lainnya. Dengan memajang testimoni pembeli dalam akun toko online, Anda sekaligus memberikan apresiasi bagi para pembeli. Biasanya, pembeli akan tersanjung dan merasa dihargai saat Anda menganggap penting testimoninya. Secara psikologis, mereka juga akan merasa semakin dekat dan familiar dengan toko online Anda. Jangan lupa sertakan pujian dan ucapan terimakasih pada caption screenshot testimoni yang Anda pajang di akun toko online. Dengan cara ini, secara tidak langsung Anda bisa meningkatkan loyalitas pelanggan toko online Anda.

pentingnya testimoni bisnis online
Apresiasi untuk para customer

Demikianlah informasi mengenai pentingnya testimoni bisnis online. Mulai saat ini, jangan pernah mengabaikan testimoni yang Anda peroleh. Tingkatkan pelayanan agar Anda mendapat testimoni positif dari pembeli. Semoga sukses.