Kegagalan dalam berbisnis adalah hal yang biasa. Terutama bagi para pelaku bisnis online yang akhir-akhir ini semakin banyak jumlahnya. Seringkali penyebab kegagalan bisnis online tersebut adalah hasil dari kesalahan pelaku bisnis itu sendiri. Nah, agar kegagalan tersebut tidak menimpa Anda, sebaiknya ketahui apa saja sih penyebab bisnis online bangkrut?

  1. Tidak Melakukan Riset Pasar

Salah satu kesalahan fatal yang seringkali menyebabkan kegagalan pada bisnis online adalah tidak menyesuaikan penawaran dengan permintaan pasar. Hal ini disebabkan karena pelaku bisnis online tidak melakukan riset pasar terlebih dulu, sehingga menjual barang yang ternyata tidak dibutuhkan oleh masyarakat.

Selain itu, perlu diingat juga bahwa banyak produk yang popularitasnya hanya bersifat sementara. Oleh karena itu, agar penjualan bisa terus stabil, Anda sebaiknya memprediksi pola permintaan. Salah satu cara yang dapat Anda lakukan untuk mengukur tren permintaan pasar adalah dengan menggunakan aplikasi Google trends. Cukup mengetikkan nama produk yang Anda jual pada aplikasi tersebut, maka Anda akan memperoleh grafik yang menunjukkan besarnya permintaan terhadap produk tersebut.

penyebab bisnis online bangkrut
Google Trends
  1. Hanya Berfokus Pada Penjualan

Bisnis online memiliki karakteristik yang sangat berbeda dengan bisnis konvensional. Pada saat berjualan secara online, Anda dituntut untuk menjual barang atau jasa kepada orang-orang yang tidak mengenal Anda. Oleh karena itu, sebaiknya Anda berhati-hati dalam menawarkan barang. Hindari menawarkan sesuatu secara langsung seperti ketika sedang berjualan di dunia nyata. Misalnya menge-tag foto produk dagangan Anda kepada calon konsumen tanpa izin, menawarkan secara tiba-tiba melalui inbox, dan lain sebagainya. Karena alih-alih mendapatkan pelanggan, Anda justru akan dijauhi oleh calon konsumen karena dianggap mengganggu.  Agar Anda tidak mengalami kesalahan tersebut, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah membuat calon konsumen percaya kepada Anda terlebih dulu. Bangunlah brand yang positif untuk mengenalkan bisnis Anda kepada pasar.

penyebab bisnis online bangkrut
Jangan pernah mengganggu customer

Baca juga : Mencari Supplier Terpercaya Dalam Bisnis Online

  1. Salah Menentukan Target Pasar

Poin penting yang harus Anda perhatikan dalam melakukan bisnis online adalah menentukan target pasar yang tepat. Perlu diingat, target pasar ini merupakan sasaran Anda. Sebagai contoh, jika Anda menjual perabot rumah tangga, Anda sebaiknya menentukan target pasar yang akan Anda sasar. Pelajari kira-kira siapa yang kemungkinan berminat dengan produk Anda, berapa kisaran usianya, serta di mana biasanya target pasar Anda berkumpul.

Secara logika, yang akan mencari produk tersebut adalah para ibu rumah tangga. Nah, apabila Anda menjualnya ke grup yang kebanyakan berisi anak muda, maka kemungkinan produk Anda terjual akan sangat kecil. Akhirnya, waktu Anda berpromosi akan menjadi sia-sia karena target pasar yang tidak sesuai.

penyebab bisnis online bangkrut
Tentukan target pasar
  1. Tidak Menjaga Kualitas

Kualitas merupakan aspek penting dalam kegiatan jual beli. Jika Anda hanya berfokus menjual barang tanpa memperhatikan kualitas, maka bukan tidak mungkin Anda akan ditinggalkan oleh para konsumen. Kualitas yang dimaksud di sini ada dua, yaitu kualitas produk dan kualitas pelayanan. Perlu diingat bahwa bisnis online melalui media sosial berpusat pada pelanggan serta kepuasan pelanggan. Jadi, jangan sekalipun mengabaikan kualitas produk maupun pelayanan jika tidak ingin bisnis online Anda bangkrut.

Baca juga : Memulai Bisnis Online Sebagai Dropshipper

  1. Pengelolaan Keuangan Yang Kacau

Transaksi bisnis online memang tidak dilakukan di dunia nyata. Akan tetapi hal tersebut bukanlah alasan bagi Anda untuk tidak melakukan pengelolaan keuangan dengan baik. Banyak pebisnis online yang tidak memperhatikan pengelolaan keuangan, sehingga keuangan pribadi dan bisnis online menjadi tercampur. Pada akhirnya, pebisnis online tidak dapat memperkirakan keuntungan dan kerugian. Hal ini akan menyulitkan saat akan melakukan evaluasi. Hal ini tentu dapat menjadi penyebab bisnis online bangkrut.

penyebab bisnis online bangkrut
Aturlah keuangan dengan baik

Demikianlah beberapa kesalahan fatal penyebab bisnis online bangkrut. Sebisa mungkin hindari hal penyebab-penyababnya agar bisnis Anda bisa maju dan berkembang. Semoga sukses.