Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa perkembangan dunia online saat ini sangat berkembang pesat. Terutama pada perkembangan bisnis yang ternyata mampu mendorong keinginan seseorang untuk membangun bisnis online dengan cepat dan dapat dijadikan sebagai sumber penghasilan utama. Saat ini bisnis online yang paling banyak diminati adalah dengan sistem dropship dan reseller.

Nahh, bagi anda yang ingin memulai usaha bisnis online ada baiknya sebelum memulai bisnis tersebut anda mengetahui perbedaan antara dropship dengan reseller. Berikut ini adalah pembahasan mengenai perbedaan sistem dropship dengan reseller :

Dropship adalah teknik pemasaran dimana penjual tidak mempunyai/menyimpan stok barang, dan jika penjual mendapatkan order maka penjual akan meneruskan orderan tersebut ke distributor/supplier. Selanjutnya supplier akan mengirim barang tersebut dengan menggunakan nama penjual. Dengan cara ini maka penjual seolah-olah memiliki toko pribadi dengan stok barang yang lengkap.

Sedangkan Reseller adalah orang yang membeli produk dari seorang distributor/supplier dengan harga yang lebih murah dari pasaran untuk dijual kembali dengan harapan mendapatkan sejumlah keuntungan dari penjualan produk tersebut.

Dari pengertian diatas selanjutnya mari kita bahas keuntungan dan kelemahan menggunakan sistem Dropship dan Reseller :

Keuntungan Dropship

  • Minim modal untuk memulai usaha karena tidak memerlukan stock barang.
  • Tidak perlu memikirkan tentang produksi produk beserta quality control. Jadi anda hanya fokus memasarkan saja.
  • tidak perlu repot mengurusi packing dan proses pengirimannya. Ia hanya bertugas mencari pelanggan dan menghubungi pihak pemasok, sehingga pekerjaannya lebih sederhana.
  • Tidak perlu takut rugi jika ada barang yang tidak laku.
  • Bisa ganti-ganti supplier atau lebih dari 1 supplier bila dirasa supplier tersebut tidak cocok.

Baca juga : Kiat Membangun Mental Bisnis Yang Kuat

Kelemahan Dropship

  • Anda tidak bisa mengetahui secara langsung stock produk apa saja yang ready. Maka dari itu cari supplier yang bisa menyediakan tabel stock secara online dan update terus.
  • Tidak punya kendali penuh terhadap stock.
  • Anda tidak bisa mengetahui jenis bahan produk tersebut seperti apa, kondisi sebenarnya seperti apa, apakah cacat atau tidak. Tidak jarang pula calon pembeli yang ingin difotokan langsung dulu produknya. Karena mereka sadar bahwa foto yang di showcase itu foto yang sudah diedit kualitas fotonya.
  • Apabila supplier melakukan kesalahan, reputasi dropshiplah yang akan hancur. Kesalahan supplier yang sering terjadi adalah salah ukuran, salah jenis barang, salah alamat, dan kesalahan-kesalahan yang lain. Jika kesalahan ini terjadi yang menanggung dana kerugian adalah pihak suppliernya sendiri.
  • Anda harus siap untuk menerima kompalin/ komentar pelanggan karena barang yang mereka pesan tidak sesuai dengan gambar.
  • Diskon yang didapat biasanya tidak terlalu besar bila dibanding dengan reseller yang men-stock barang sendiri.
Perbedaan dropship dengan supplier
Sistem Kerja Dropshipper

Baca juga : Memulai Bisnis Online Sebagai Dropshipper

Keuntungan Reseller

  • Bebas menentukan harga jual sendiri.
  • Mudah dalam menawarkan barang secara langsung karena bisa memperlihatkan produknya. Sebab tak jarang banyak konsumen yang bertanya-tanya mengenai produk terbuat dari bahan apa dan bagaimana kualitas dari produk tersebut.
  • Bebas menjual secara langsung maupun melalui Website Toko Online.
  • Bisa mengelola stok dan mengecek ketersediaan barang yang dijualnya.
  • Memiliki product knowledge yang baik, karena memiliki produk fisiknya.
  • Minim kesalahan dan resiko kerugiannya bisa di kelola sendiri.
  • Dengan menjadi reseller anda bisa belajar bagaimana cara memanage keuangan yang baik dan sangat diperlukan untuk para pebisnis online jika ingin berkembang pesat dengan syarat tekun dan ulet saat menjalani bisnis tersebut.

Kelemahan Reseller

  • Harus memiliki modal yang cukup untuk memiliki stock barang.
  • Memiliki resiko jika produk tidak laku / tidak terjual
  • Masih direpotkan dengan proses packaging dan pengiriman
  • Menanggung kerugian jika ada barang yang tidak laku atau stock yang ketinggalan jaman.
Perbedaan dropship dengan reseller
Sistem Kerja Reseller

Baca juga : Membangun Jaringan Reseller dari Konsumen Aktif

Tujuannya dropship sebetulnya hampir sama dengan reseller namun perbedaannya terletak pada stock barang. Dropship tidak membutuhkan stock barang, mereka hanya memamerkan gambar kepada calon pembeli. Sehingga jika ada yang mau membelinya maka barang dikirimkannya dari supplier ke konsumen langsung, namun atas nama si dropshipper.

Dalam sistem reseller, seorang pengecer memang akan mendapatkan keuntungan lebih besar, akan tetapi jika barang yang sudah distoknya tidak laku, maka tentu ia akan menderita kerugian. Sementara dalam sistem dropship, seorang dropshiper tidak akan menanggung risiko barang yang tidak laku.

Sekarang anda sudah tau perbedaan Dropship dengan Reseller. Sekarang pertanyaannya adalah,  manakah yang anda untuk memulai bisnis online anda Dropship atau Reseller?

Baca juga : Tips Manajemen Waktu Bagi Pebisnis Online

Pilih yang mana saja itu tergantung pada keputusan anda karena diantara dropship dan reseller mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing, sesuaikan dengan keadaan dan kondisi anda saat ini. Jika anda tidak memiliki modal yang cukup maka pilihan terbaik adalah dropship karena anda tidak perlu membutuhkan modal.

Sedangkan jika anda memiliki modal yang cukup maka pilihan terbaik adalah menjadi reseller karena anda bisa bebas mengontrol produk yang akan anda jual, dan anda bisa langsung mengetahui bahan dan kualitas dari produk tersebut karena tidak jarang banyak konsumen yang ingin melihat foto dari produk yang anda jual.

Dan inilah saatnya, jika Anda benar-benar berniat ingin menjadi pebisnis online tapi bingung dari mana memulainya. Mengapa Anda tidak memulainya sebagai RESELLER saja? DEID menciptakan sebuah wadah bagi para reseller agar bisa semakin mudah untuk saling terhubung dan bisa berkolaborasi dengan para supplier di seluruh Indonesia. Segera daftarkan diri Anda DI SINI, atau dengan klik gambar di bawah ini.

reseller
DEID Reseller