Saat memulai bisnis online, seringkali orang hanya berfokus mempersiapkan modal materi dan teknik manajemen. Padahal selain kedua hal tersebut, ada hal penting yang juga harus dipersiapkan, yaitu personal branding. Banyak orang yang masih belum memahami pentingnya personal branding untuk bisnis online. Berikut ini adalah ulasan mengenai personal branding yang perlu diketahui oleh para pebisnis online.

Apa itu Personal Branding?

Personal branding merupakan cara memasarkan diri dan bisnis sebagai sebuah merk. Atau dengan kata lain, membangun image diri dan bisnis sebagai sebuah paket menarik. Tujuannya adalah membuat orang lain terkesan dan kemudian menganggap Anda memiliki kapabilitas dalam hal atau bisnis tertentu. Personal branding memiliki arti penting dalam dunia bisnis online, yaitu untuk membangun brand awareness khalayak terhadap produk usaha Anda. Beberapa manfaat personal branding terhadap bisnis online adalah sebagai berikut.

personal branding
Credit : DIY Genius
  1. Meningkatkan Kepercayaan Konsumen

Tidak seperti bisnis konvensional, di mana penjual dan pembeli akan bertatap muka secara langsung, bisnis online justru sebaliknya. Nyaris seluruh kegiatan jual beli terjadi di dunia maya, tanpa tatap muka. Oleh karena itu, faktor kepercayaan adalah yang utama dalam bisnis online. Di sinilah peran personal branding diperlukan.

Anda tidak bisa berharap konsumen akan membeli produk atau jasa Anda, jika Anda tidak membranding diri sebagai penjual yang terpercaya dan profesional. Cobalah sesekali memposisikan diri sebagai pembeli. Dari banyaknya toko online yang ada, Anda tentu akan memilih untuk bertransaksi dengan toko online yang memiliki reputasi baik, bukan? Oleh karena itu, jangan lelah untuk terus membranding diri dan bisnis Anda agar tercipta image positif di mata calon pembeli.

Baca juga : Pentingnya Testimoni Dalam Bisnis Online

  1. Membuat Anda Lebih Percaya Diri

Pada saat Anda melakukan langkah-langkah personal branding, sebenarnya Anda juga sedang meningkatkan rasa percaya diri.  Karena saat membangun personal branding, Anda akan semakin mengenal kelebihan serta nilai-nilai positif yang Anda miliki. Hal ini tentu memberikan manfaat secara tidak langsung terhadap bisnis online Anda. Pebisnis yang memiliki rasa percaya diri yang tinggi, biasanya relatif lebih produktif dibanding pebisnis yang rendah diri. Selain itu, pebisnis yang memiliki kepercayaan diri tinggi, tentu akan memiliki kesempatan lebih besar untuk meyakinkan calon konsumen.

  1. Mudah Dalam Membangun Network

Dalam dunia bisnis, tidak terkecuali bisnis online, networking atau membangun jaringan merupakan hal yang amat penting. Personal branding akan memudahkan Anda dalam menjalin kerjasama serta membangun jaringan terhadap berbagai pihak, misalnya supplier, produsen, pemilik modal, dan lain sebagainya.

Baca juga : Tips Menangani Komplain dari Pelanggan dengan Bijak

Apabila Anda tidak merepresentasikan diri  dengan baik, tentu akan sulit menemukan partner bisnis yang bersedia menjalin kerjasama dengan Anda. Sebaliknya, pebisnis dengan personal branding yang bagus, akan sangat mudah menemukan mitra untuk memajukan bisnisnya.

personal branding
Credit : Calvin Kang
  1. Lebih Mudah Dalam Mendapatkan Konsumen

Manfaat personal branding yang selanjutnya adalah, membuat Anda mampu menjaring konsumen lebih banyak. Perlu diingat, persaingan dalam dunia bisnis online saat ini semakin ketat. Agar mampu bersaing dengan toko online lainnya, Anda tentu harus memiliki nilai lebih yang akan membuat konsumen lebih memilih toko Anda dibanding yang lainnya. Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk mengkomunikasikan nilai-nilai positif serta reputasi bisnis Anda terhadap para calon konsumen. Bangun image atau citra yang baik agar konsumen percaya untuk melakukan transaksi dengan Anda.

personal branding
Credit : Talk Fusion

Demikianlah sekelumit pembahasan mengenai pentingnya personal branding untuk bisnis online. Apabila Anda berharap bisnis Anda dapat berjalan dengan lancar, maka bangunlah sebuah personal branding yang baik. Dengan membangun personal branding, maka Anda tidak perlu bersusah payah lagi dalam memperkenalkan bisnis Anda kepada orang lain.

Semoga bermanfaat.