Berbisnis online memang selain menawarkan segelintir kemudahan dalam bertransaksi, juga kini semakin menjanjikan keuntungan lebih. Terutama pada era digital saat ini, banyak pengguna gadget dan bahkan mayoritas penduduk di Indonesia mulai bergeser dari berbelanja ke retail konvensional menuju toko online atau marketplace.

Lantas, berbisnis online pun terkadang membuat para pebisnis online mesti pintar-pintar dalam mengambil strategi dalam pemasaran hingga menambah angka keuntungan dalam usahanya. Tak menutup kemungkinan, akibat dari ketatnya persaingan dan membludaknya bisnis online, membuat produk yang dijual terkadang kurang diminati pelanggan atau bisa jadi produk tersebut tidak laku sama sekali.

Memulai bisnis dengan menawarkan produk baru di pasar bukan hal yang mudah. Mengelola sebuah bisnis memang membutuhkan waktu, latihan, jam terbang yang cukup tinggi, dan kesabaran hingga siap memanajemen risiko sebaik mungkin. Pada intinya, setiap aktivitas usaha semata-mata bertujuan supaya produknya bisa laku. Tentunya tidak ada pengusaha yang mau merugi akibat dari produk yang dihasilkannya tidak laku di pasaran.

Baca juga : Kehadiran Rico Satria Candra Di Tengah Para Penghobi Fotografi

Banyak pengusaha yang gagal dalam bisnisnya, salah satunya karena terlalu fokus dengan produknya saja. Mereka berpikir bahwa untuk membangun bisnis yang menghasilkan harus memiliki produk yang bagus.

Tidak bisa dipungkiri, ada keadaan di mana produk bagus pun bisa kurang laku di pasaran. Sebagus apapun rencana bisnis yang anda buat, jika tidak ada penjualan akan percuma dan sia-sia. Tidak satu dua kali sebuah usaha harus berguguran karena produknya tidak laku. Ada berbagai alasan produk tidak laku. Tapi terkadang seorang pemilik usaha tidak benar-benar menyadari apa masalahnya, sehingga produknya tidak laku di pasaran.

produk tidak laku
Banyak pengusaha yang gagal dalam bisnisnya, karena terlalu fokus dengan produknya saja.

Baca juga : Bagaimana Memasarkan Produk saat tak ada satupun Cara Berfungsi?

Konsumen bisa jadi tidak membeli produk anda bukan karena produk anda jelek atau terlalu mahal, tapi karena bisa jadi malah tidak tau keberadaan produk anda. Car agar konsumen tau keberadaan produk anda. Terkadang konsumen juga tidak memahami apa manfaat produk anda, apa kegunaannya dan kenapa mereka harus membeli, dan akan sangat mengecewakan jika dalam menjalankan usaha produk yang kita pasarkan kurang mendapat respon yang baik dari konsumen.

Sebetulnya masalah produk kurang laku dipasaran pasti akan dialami oleh setiap pelaku usaha. Hal ini merupakan tantangan yang harus dihadapi dan segera diatasi. Jika tidak segera diatasi pastinya akan memberikan dampak yang buruk pada bisnis yang dijalankan, sebab untuk bisa bertahan usaha kita harus mendapatkan keuntungan dan itu datangnya dari seberapa besar produk yang kita jual. Namun, faktanya tidak sesuai

Bayangkan betapa kesalnya jika produk anda bagus, sudah sangat berkualitas, multi fungsi dan pasti dibutuhkan konsumen namun tidak laku di pasaran. Kenapa?

Solusinya ada disini!

 

Jangan lewatkan kesempatan berharga untuk sharing langsung dan networking dengan para Digital Entrepreneur di Surabaya dengan topik “SUKSES BISNIS DIGITAL DENGAN MENERAPKAN CULTURAL AWARENESS”.

Produk tidak laku
Ricco Satria Candra (Founder of PlazaKamera.com)