Bagi Anda yang menekuni bisnis online, tentu sudah paham akan pentingnya promosi. Bagaimana melakukan promosi efektif dalam bisnis online? Dengan melakukan promosi, bisa membuat bisnis Anda semakin banyak dikenal orang. Hal ini tentu akan meningkatkan peluang terjadinya transaksi. Selain itu, promosi efektif bisnis online juga sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan bisnis online Anda.

Sayangnya, masih banyak yang belum paham bagaimana cara berpromosi yang efektif dan efisien. Sebagian pebisnis online bahkan melakukan promosi secara asal-asalan tanpa strategi, sehingga tidak tepat sasaran. Promosi yang dilakukan secara sembarangan, justru akan berpotensi menimbulkan kerugian bagi usaha Anda. Kerugian akibat cara berpromosi yang kurang tepat contohnya rugi tenaga, waktu, pikiran, dan biaya. Agar terhindar dari kerugian, sebaiknya ikuti tips promosi efektif bisnis online berikut ini.

“Mulailah Promosi dari Media Sosial”

Facebook dan instagram bisa menjadi sarana yang baik untuk membangun komunitas di sekitar bisnis. Untuk permulaan, Anda bisa menjadikan foto produk sebagai sampulnya. Sedangkan logo merek dapat Anda jadikan sebagai foto profil.

Baca juga : Mencari Supplier Terpercaya Dalam Bisnis Online

“Aktif di Media Sosial”

Setelah Anda memiliki akun di Facebook atau Instagram, usahakan untuk aktif. Selain rutin meng-upload foto produk terbaru, Anda juga bisa memosting tulisan menarik yang berhubungan dengan bisnis Anda. Gunakan teknik soft selling yang memungkinkan akun Anda menarik lebih banyak pengikut. Apabila Anda memiliki kemampuan menulis, maka ini akan sangat bermanfaat. Anda bisa membuat tulisan yang menarik perhatian orang. Semakin menarik postingan Anda, maka akan semakin besar kemungkinan postingan Anda akan viral. Cara ini cukup ampuh untuk membuat jumlah follower Anda meningkat.

promosi efektif bisnis online
Aktif Di Social Media

“Aktif Dalam Komunitas Pebisnis Online”

Bagi Anda yang memiliki bisnis online, mulailah aktif dalam komunitas pebisnis online. Caranya adalah dengan bergabung dalam forum atau grup jual beli. Di sini, Anda bisa mempromosikan produk Anda kepada seluruh anggota grup atau forum. Yang perlu Anda ingat adalah, ikuti tata tertib komunitas atau grup yang Anda ikuti. Dengan mengikuti komunitas pebisnis online, bukan tidak mungkin Anda bisa saling bekerja sama. Contohnya adalah saling mengiklankan produk dagangan masing-masing. Dengan cara ini, memungkinkan bisnis online Anda semakin dikenal luas.

“Hindari Promosi Yang Mengganggu”

Kesalahan yang banyak dilakukan oleh para pebisnis online adalah promosi yang menggangu. Promosi yang mengganggu justru akan membuat Anda kehilangan pengikut. Hindari menge-tag follower atau friendlist Anda pada foto dagangan Anda secara random. Hindari juga promosi dengan cara meng-inbox secara tiba-tiba atau memasukkan follower ke dalam grup Anda tanpa izin. Kebanyakan orang tidak menyukai bentuk promosi seperti ini. Anda tentu tidak ingi kehilangan calon konsumen karena kesalahan prfomosi, bukan?

Baca juga : Entrepreneur Sukses akan Membangun Hubungan dengan 4 Orang ini

“Promosi Lewat Iklan Berbayar”

Iklan merupakan sarana promosi yang cukup ampuh di internet. Selain itu, cara ini relatif praktis dan mudah. Hanya saja, berpromosi melalui iklan tentu akan dikenakan biaya. Sebelum Anda memutuskan untuk beriklan, sebaiknya Anda mengatur strategi agar iklan tersebut tepat sasaran.

Pelajari iklan yang paling cocok untuk target pasar Anda. Lakukan survey dengan memantau media iklan yang Anda incar. Anda juga bisa mengikuti diskusi dalam forum pebisnis online untuk mengetahui media iklan paling tepat untuk bisnis Anda. Pilihlah media yang dapat menjangkau khalayak luas dengan biaya yang terjangkau. Beberapa media promosi efektif bisnis online yang bisa Anda coba adalah:

  • Beriklan di Facebook.
  • Beriklan di Instagram.
  • Beriklan di Google Adwords.
  • Memasang banner iklan di website lain.
  • Beriklan dalam bentuk artikel review dari blog lain.

Dan Alphanext merupakan salah satu digital marketing agency yang bisa sangat memudahkan Anda dalam melaksanakan 5 point di atas, dengan biaya yang mudah dijangkau tentunya.

Demikianlah beberapa  cara promosi efektif bisnis online  yang dapat Anda lakukan. Anda juga dapat memadukan cara-cara tersebut agar bisa mencapai hasil yang maksimal. Selamat berpromosi, semoga sukses.