Tahukah Anda, bahwa Indonesia memiliki seorang pemuda yang inspiratif dan berhasil mencapai sukses di usia belia? Pemuda kelahiran 1995 ini bernama Rico Huang. Di usianya yang masih sangat muda, Rico berhasil menenggak nikmatnya kesuksesan meskipun ia harus terlebih dulu merasakan pahit getir kehidupan. Berbagai aral dan rintangan ia lewati, dan ia juga tak menyerah begitu saja meskipun terpuruk. Melalui channel distribusi dan juga teknik digital marketing, Rico Huang berhasil menarik minat ribuan reseller  dan juga dropshipper untuk menjual beragam produk yang ia tawarkan. Saat ini, Rico Huang mampu menghasilkan omzet ratusan juta dari bisnis online.

rico huang
Rico Huang

Namun, proses yang ia jalani amatlah panjang untuk bisa sampai seperti sekarang. Semua berawal dari kisahnya yang sempat mengalami musibah kebakaran hingga rumah keluarganya habis dilahap si jago merah. Musibah itu membuat kondisi ekonomi keluarga memburuk dan Rico Huang berinisiatif untuk belajar berwirausaha di tengah kesibukannya sebagai seorang pelajar. Rico memulai usahanya dengan berjualan di sekolah untuk meringankan beban orangtuanya, mulai dari berjualan nasi uduk hingga mie ayam. Namun, karena keterbatasan ilmu di dunia kuliner, Rico akhirnya merugi bahkan hingga mencapai angka 15 juta hanya dalam waktu 4 hari saja.

Baca juga : Peranan Social Selling dalam Strategi Marketing Modern

Bukan Rico Huang namanya jika ia tak bangkit dan menolak menyerah meskipun kegagalan demi kegagalan dilalui. Ia pun beralih bisnis dengan membuka online shop. Mulanya, ia berjualan segala aksesoris handphone dan memasarkannya melalui berbagai media sosial, seperti Kaskus, Facebook, hingga Instagram. Strategi pemasarannya ini berhasil mendapatkan respon positif dari pasar. Bisnisnya pun semakin besar dan berkembang.

Dari sekian banyak media sosial yang digunakan oleh Rico Huang, salah satu yang paling berperan dalam kesuksesannya adalah Instagram. Ia pun semakin tertarik untuk mendalami strategi bisnis online melalui aplikasi yang tengah digandrungi tersebut.

Melalui proses belajar yang ia lalui, Rico merangkumnya dalam sebuah buku berjudul Jago Jualan Di Instagram yang berdasarkan pada studi kasus pengalamannya berbisnis online. Salah satu strategi paling manjur menurut Rico Huang adalah I follow you, you follow me, and then I unfollow you.

rico huang
Buku Karya Rico Huang

Maksud dari strategi ini adalah ia akan mencari akun kompetitor yang menjual produk sama, kemudian mengecek jumlah followersnya. Jika banyak, maka akan ia follow semua. Begitu juga dengan kompetitor lain. Karena kompetitor memiliki target pasar yang sama, oleh karena followers yang di follow merupakan target yang tepat.

Strategi cerdas dan tepat ini adalah cara lama, tetapi hasilnya tak usah dipungkiri lagi karena masih powerfull untuk mendapat followers aktif dan sesuai target. Jika followers banyak, maka peluang closing pun pasti akan lebih banyak.

Tak hanya melalui Instagram, Rico Huang pun juga merambah dunia marketplace seperti Tokopedia dan Bukalapak. Hingga seluruh pengalaman itu ia bukukan menjadi sebuah buku berjudul Dropship Mastery.

Baca juga : Trik Meningkatkan Penjualan dengan Cross Selling

Kini, Rico Huang telah sukses menjalani bisnisnya selama kurang lebih 4 tahun dan memperoleh kebebasan waktu serta finansial. Bisnis yang dirintis Rico Huang pun telah berkembang dengan omzet mencapai ratusan juta setiap bulannya. Saat ini, Rico menjadi pimpinan PT. Alona Indonesia Raya dengan berbagai lini bisnis seperti di antaranya adalah dropshipaja.com, pasukanalona.comdan laperma.co.id.

Simak juga obrolan kami bersama Rico Huang mengenai kisahnya selama memulai usaha dari nol hingga mampu membuat sebuah bisnis dan pelatihan bisnis online Alona. Dalam obrolan ini kami juga dibantu dengan CEO AsiaCommerce Frans Yuwono untuk mengorek kisah perjuangan Rico Huang.