TLDR jika anda menginginkan Jawaban, jawabannya ada dua yaitu Sekarang juga atau jangan pernah sekalipun membuat website E-commerce anda sendiri. Saya yakin anda yang membaca artikel ini mempunyai keinginan untuk membuat Webstore anda sendiri, entah itu masih dalam tahap angan-angan (mungkin baru ingin, atau malah sudah mau melupakannya), atau dalam tahap ingin mencari pembenaran bahwa anda memang perlu untuk membuat Website E-commerce.

Yang ingin saya sampaikan disini adalah sedikit alasan kenapa anda harus membuat Website E-commerce anda sendiri sekarang juga dan memberikan secercah harapan bagi anda yang masih kesulitan untuk merealisasikan website anda sendiri.

Apa yang Anda Tunggu?

membuat Website E-Commerce tidak Seperti main Catur
Bisnis tidak seperti catur, jika anda tidak bergerak, lawan anda akan menunggu anda. Mereka tak perlu menunggu anda untuk dapat menguasai permainan.

Jika anda sudah membaca dan berselancar di banyak konten di Internet termasuk di website Digital Entrepreneur ID ini, maka anda sudah mempunyai komitmen yang cukup untuk memulai dan mengembangkan bisnis digital anda. Dan jika ternyata anda belum mempunyai website E-commerce saat ini maka apalagi yang perlu saya katakan selain menanyakan apa yang anda tunggu?

Terlepas dari apa yang anda jual saat ini dan bagaimana anda menjualnya, website menjadi hal yang sangat penting agar anda dapat terjun di Dunia Bisnis Digital, maka jelas jika anda masih menimbang-nimbang, mencari-cari alasan untuk menunda pembuatan website E-Commerce, mungkin anda memang siap untuk KETINGGALAN dengan pesaing anda.

Baca juga : Dewa Eka Prayoga: Mengolah Musibah Menjadi Berkah

Siapa yang mau ketinggalan di dalam pasar digital bisnis Indonesia yang sedang berkembang? semua data yang dirilis baik oleh pemerintah maupun pihak lain menyebutkan begitu besarnya potensi pasar di Indonesia terutama untuk sektor digital yang sedang berkembang. Maka pada saat ini kesempatan untuk menguasai pasar E-commerce Indonesia masih terbuka lebar untuk siapa saja.

Jika anda masih membutuhkan alasan untuk membuka website store anda sendiri, anda bisa menyimak beberapa artikel berikut, mulai dari pengertian E-Commerce, Perbandingan Webstore sendiri dan Marketplace, hingga mengenali sisi penting baik itu mobile app maupun Web store.

Apakah Anda Mempunyai Kesulitan untuk Membuat E-Commerce Anda?

saat terbaik membangun ecommerce anda sendiri
Banyak cara untuk mulai membangun Ecommerce Anda sendiri

Jika pertanyaan “Apa yang anda tunggu?” menghasilkan jawaban yang memungkinkan semua orang untuk dapat menguasai E-commerce, karena pasar digital business di Indonesia yang begitu besar. Lain halnya dengan pertanyaan saya kali ini.

Dengan besarnya market size di Indonesia memang tetap ada tantangan yang akan dihadapi bagi yang ingin memulai bisnis Online. Masalah tersebut terletak pada pemahaman Teknologi. Memang bukan hal sederhana untuk memahami tehnologi untuk membuat toko online sendiri. Mulai dari infrastruktur, seperti domain, hosting, desain dan lain-lain, hingga Digital Marketingnya yang membutuhkan banyak effort.

Jadi apakah masalah tersebut menjadi masalah bagi anda? Dan menyebabkan penundaan untuk membuat website anda. Kalau saya bisa bantu jawab, itu dulu memang menjadi masalah, tapi sekarang kalau itu masih menjadi masalah bagi anda, maka anda hanya mencari-cari alasan atau memang sedang dalam fase malas mempelajari hal baru dan malas untuk berkembang.

Baca juga : Manfaat Hashtag Sebagai Strategi Marketing Di Social Media

Kenapa saya berani bilang kalau Teknologi dan pemahamannya seharusnya sudah tidak menjadi masalah lagi bagi anda?

Karena dengan mudahnya informasi dan pengetahuan untuk didapat, bukan hal yang susah lagi untuk mendapatkan resource yang saya sebut tadi. Mungkin saya bisa mencontohkan salah satu platform yang dapat membantu anda dengan cara yang sangat mudah untuk membuat Website E-commerce anda sendiri yaitu, EasyStore.

Dengan platform seperti Easystore ini, kita bahkan tidak perlu terlalu rumit untuk mempelajari bahasa pemrograman untuk membuat Website E-commerce kita sendiri. dengan fitur Drag & Drop yang mudah dan template yang terlihat premium kita sudah dapat membuat website E-Commerce yang terlihat keren. Mereka bahkan memberikan selusin untuk meyakinkan anda bahwa membuat Website E-commerce tidak sesusah dulu.

EasyStore hanya mematok biaya mulai dari 100rb Rupiah per bulan, biaya tersebut jauh lebih murah dibandingkan jika anda harus memperkerjakan programmer atau website developer anda sendiri. Dan dari biaya tersebut anda sudah mendapatkan Toko online yang mudah dibuat dengan fitur drag&drop, sudah terintegrasi dengan  aplikasi layanan pelanggan, pemasaran, analisis, akuntansi dan sebagainya, bahkan mempunyai bandwidth yang tidak terbatas.

Jadi, dengan media-media seperti ini dan anda masih beralasan untuk menunda pembuatan website e-commerce anda? Berarti memang anda sedang menyia-nyiakan untuk menangkap kesempatan menjadi bagian dari perkembangan E-commerce di Indonesia.

Saya rasa beberapa alasan yang muncul dari dua pernyataan retoris di atas seharusnya dapat membuat anda sadar bahwa kesempatan di dunia Digital Bisnis masih sangat terbuka lebar di Indonesia dan sedang di manfaatkan oleh banyak kalangan. Jika ternyata hati anda belum tergerak dengan hal itu mungkin anda lebih baik menutup artikel ini, tidak perlu membuang waktu untuk mencari dan membaca soal cara sukses berbisnis digital dan fokus akan apa yang anda yakini sekarang. Karena jika anda menunda lebih lama lagi mungkin kesempatan yang ada di depan mata ini akan hilang sebelum anda akhirnya take action.

Baca juga : Penting! Membuat website atau aplikasi mobile? Atau keduanya?

Namun jika anda ingin menjadi bagian dari itu maka mulailah dari sekarang, dimulai dengan melakukan riset produk (jika belum punya produk/belum tahu ingin menjual apa), segera membuat website e-commerce anda, dan mulai memasarkannya.

saat terbaik membuat ecommerce anda sendiri
Buka PC Anda sekarang, dan mulai mengambil aksi!

Sebenarnya anda di tempat yang tepat untuk memulai dan mengembangkan bisnis digital anda, karena Digital Entrepreneur ID memang bertujuan untuk menjadi sarana seperti itu, sekaligus untuk menghubungkan resource-resource dan elemen dalam Digital Bisnis yang dibutuhkan oleh audience kami atau anda.

Maka jika anda merasa masih kesulitan untuk mengembangkan bisnis digital anda, anda juga dapat menghubungi kami melalui Hello@digitalentrepreneur.id untuk sekedar bertanya. Dan kami akan senantiasa menjawab pertanyaan anda mengenai solusi, tips dan kunci yang dapat membantu anda dan bisnis anda untuk berkembang.