Siapa yang sangka Instagram, sebuah aplikasi yang diprakarsai oleh dua pemuda yakni Kevin Systrom dan Mike Krieger, yang awalnya hanya sebuah aplikasi untuk membagikan Foto dalam waktu singkat ke Dunia Maya, Saat ini telah menjadi sebuah Gaya Hidup sebagian besar Pengguna Internet, dan bahkan menjadi penopang kehidupan banyak orang yang menjadikannya ladang bisnis.

Yup, saya yakin anda yang ‘terdampar’ pada artikel ini pun, sedang mencoba untuk mengetahui ada apa di balik Aplikasi yang pada akhirnya diakuisisi oleh Facebook, yang membuatnya malah semakin Garang untuk dijadikan alat penghasil uang ini. DEID sendiri, telah banyak sekali mengeluarkan artikel-artikel yang berkaitan dengan bisnis di Instagram.  Maka pada artikel kali ini saya akan mencoba merangkum berbagai macam hal yang patut anda perhatikan jika bisnis anda ternyata berjalan melalui Instagram.

Apa Bisnis Online Anda?

Langsung saja, pertama saya anggap anda sekarang sudah mempunyai bisnis yang sudah berjalan saat ini. Jika belum, dan anda masih dalam tahap mencari Ide Bisnis, maka saya akan menyarankan anda untuk membaca artikel tentang 4 Ide Bisnis untuk Generasi Millennial yang Sangat Menguntungkan ini. Nampaknya tak perlu saya jelaskan mengapa anda perlu mempertimbangkan “Millenial”. Instagram muncul di tahun 2010, dan sebagian usernya tentu saja adalah Generasi Millenial.

Tapi jika anda ingin mencoba peruntungan di Instagram melalui bisnis dengan modal kecil atau tanpa modal sama sekali, ternyata anda juga bisa, hal itu sudah dibahas pada artikel 3 Peluang Bisnis Nyaris Tanpa Modal Lewat Instagram. Memang untung yang dihasilkan tidak sebesar jika anda berani mengeluarkan modal besar, tapi bukti bahwa banyaknya orang yang melakoni 3 Peluang bisnis tersebut menunjukkan bahwa hal itu cukup menjanjikan.

Selain jenis bisnis tentu saja yang perlu anda cermati adalah karakter dari target pasar anda, hal ini juga dibahas di Ide Bisnis Generasi millenial di atas tentang bagaimana karakter para Generasi millenial. Anda mungkin juga dapat mendapatkan sedikit wawasan melalui sebuah artikel Lebih Pilih Instagram dan Snapchat, Generasi Milenial Mulai Tinggalkan Facebook? Melalui artikel tersebut mungkin anda akan lebih mengenal bagaimana Watak dari para Generasi millenial, tentang pandangan mereka mengenai media yang mereka pakai. Dan tentu saja karakter dan perilaku dari target pasar anda nantinya akan menentukan bagaiamana strategi yang tepat untuk menjangkau mereka.

Berikut juga bacaan yang mungkin anda pertimbangkan mengenai Jenis Bisnis di Instagram dan karakter pasar yang ada didalamnya.

Instagram Business Profile

Kalau memang anda bertujuan untuk menggunakan instagram untuk berbisnis, maka gunakanlah Business Profile. Memang sebenarnya business Profile ditujukan untuk memudahkan pemilik bisnis dapat melakukan Advertising atau iklan di Instagram. Fitur Call to Action yang mengarahkan ke Alamat anda dan kontak anda adalah salah satu alsan kenapa anda harus menggunakan bisnis Profil.

Alasan lainnya adalah Insight atau wawasan, melalui fitur ini anda dapat mengetahui bagaimana pola dari Audience anda, mulai dari demografinya, aktivitas mereka di Instagram, hingga interaksi mereka dengan akun anda. Tentu saja hal ini cukup menguntungkan dan sejalan dengan poin yang pertama. Sudah tak perlu bertele-tele, jika ingin bisnis di Instagram, gunakanlah Business Profile.

Untuk panduan membuat Business Profil klik Link berikut
https://business.instagram.com/blog/creating-a-business-profile-on-instagram

Followers & Likers

Setelah anda sudah memahami bisnis anda dan wawasan tentang target pasar anda, concern selanjutnya adalah bagaimana caranya mendapatkan pengikut dan meningkatkan engagement di Instagram. Memang goal utama dari bisnis apapun adalah memaksimalkan konversi atau penjualan, namun saat kita berbisnis di Sosial Media angka follower dan likes dapat menjadi sebuah social proof yang mungkin pada akhirnya berpengaruh pada penjualan. Maka untuk perihal yang satu ini anda dapat menjadikan artikel berikut sebagai referensi

Meskipun cukup penting, tapi ingat bahwa Followers dan Likes pada postingan anda bukanlah tujuan akhir kenapa anda melakukan bisnis di Instagram. Follower yang bagus adalah follower yang sesuai dengan target bisnis anda, ada beberapa tools yang bisa membantu anda, untuk memaksimlakan point yang satu ini.

Hashtags untuk Bisnis di Instagram

Hashtag adalah salah satu yang menjadi power untuk bisnis di Instagram, hal ini dapat menentukan bagaimana anda menemukan pembeli dan bagaimana pembeli menemukan anda. Bahkan karena begitu powerfulnya hashtag ini, saat ini Intagram memberikan fitur untuk follow Hashtag, jadi anda pun dapat menjangkau banyak orang melalui Hashtag lebih dari sebelumnya. Kemudian fitur lainnya yaitu peletakan Hashtag pada bio, hal ini juga dapat menambah user experience bagi anda sendiri dan tentu saja calon pembeli anda.

Ada satu artikel yang dapat menambah wawasan anda tentang Hashtag yakni Tips dan Trik Hashtag Instagram yang Bisa Melejitkan Penjualan dalam Bisnis Anda. Jika anda sudah membaca artikel tersebut, anda akan mendapatkan pengetahuan tentang cara memaksimalkan hashtag pada Instragram bisnis anda. Sebagai catatan Hashtag adalah salah satu algoritma yang digunakan oleh Instagram untuk membentuk experience bagi penggunanya, dan algoritma senantiasa berubah dengan waktu yang bisa dikatakan relatif cepat seperti yang dibahas pada artikel Menyiasati Algoritme Media Sosial untuk Promosi. Tidak ada yang salah dan benar dalam hal ini, karena biasanya pihak Facebook/Instagram juga tidak pernah secara terang-terangan membocorkan bagaimana Algoritma nya bekerja. Silahkan bereksperiman dan menemukan mana yang terbaik untuk niche bisnis anda.

Memaksimalkan Instagram Story

Story juga menjadi sebuah fitur yang brilian dari Instagram, meskipun tidak sepenuhnya original, karena sudah menjadi rahasia umum bahwa konsep Instagram Story ini mencomot ide dari Snapchat. Bahkan ada sebagian orang juga yang menyebut Story sebagai Snapgram. Setelah perilisan fitur ini, Instagram seakan membuka khasanah dan peluang baru yang dapat dijelajahi untuk petualangan Digital Marketing untuk bisnis di Instagram.

Artikel yang dapat anda selami untuk menambah wawasan tentang Story yang digunakan untuk bisnis adalah 10 Strategi Promosi Bisnis Melalui Instagram Story. Pada artikel tersebut anda ditunjukan beberapa brand, terutama dari luar yang memanfaatkan Story untuk kepentingan marketing bisnis mereka. Cukup beragam strategi yang mereka gunakan, dan bisa saja salah satunya cocok dengan bisnis anda.

Instagram Story
Instagram Story Business

Tak hanya itu, belakangan Story menjadi media interactive content yang sangat kuat. Interactive content adalah konten yang mampu melibatkan audience untuk dapat berinteraksi dengan kita. Instagram sendiri sudah memberikan Fitur Poll pada Storynya, namun dengan kreativitas dari brand dan para user Instagram, template story pun menjadi trend yang cukup diminati oleh sebagian besar pengguna Instagram. Tentang bagaimana memanfaatkannya menjadi peluang untuk bisnis anda, tentunya bergantung dari sebebrapa kreatif anda pula.

Kekuatan Endorser untuk Bisnis di Instagram

Endorser, Influencer, atau apapun anda menyebutnya memang menjadi salah satu kekuatan yang luar biasa untuk sebuah bisnis di Instagram. Memang seyogyanya orang-orang memiliki akun Instagram, selain untuk memamerkan kehidupan atau aktivitas mereka, adalah untuk mengikuti idola, panutan atau kesukaan mereka. Maka tidak heran jika endorser menjadi kejar-kejaran para brand-brand besar. Maka bagaimana anda mensiasatinya anda bisa memanfaatkan artikel  5 Tips Memilih Endorser Yang Tepat untuk Bisnis Anda di Instagram

Dan yang perlu anda ingat Influencer tak harus selebritis yang sering muncul di TV. Saat ini Influencer pun ada yang mempunyai skala Micro, bahkan para Micro Influencer ini seringkali terbukti lebih efektif dari pada Macro Influencer atau selebriti dimana audience nya lebih beragam dan tak tertarget pada audience dengan Niche Khusus. Hal ini juga dibahas pada 6 Alasan untuk Menjalankan Influencer Marketing

Waktu yang Tepat untuk Posting di Instagram

Sudah ada artikel khusus yang membahas tentang ini dengan title yang sama yaitu Kapan Waktu yang Tepat untuk Posting Di Instagram? Memang waktu juga sangat menentukan apakah posting yang kita bagikan akan dilihat oleh follower ataupun audience kita yang belum menjadi follower kita.

Pada artikel tersebut sudah disebutkan waktu yang tepat untuk posting di Instagram yang meliputi Jam dan hari yang paling Efektif. Namun baiknya anda juga mencoba sendiri, melakukan testing dan membandingkan data-data yang telah anda kumpulkan dari Audience anda. Karena di Instagram Business anda dapat melihat insight dari audience anda, seperti demografi, dan juga kapan waktu dengan aktivitas tertinggi dari audience anda.

bisnis-di-instagram
Tampilan Insight dari Instagram Business

Instagram memang merupakan Channel Digital Marketing yang mempunyai potensi yang sangat besar untuk meraih keuntungan. Jika anda belum mencoba untuk menggunakan Instagram untuk bisnis anda maka cobalah sekarang, memang untuk sukses berbisnis di Instagram bergantung banyak faktor salah satunya adalah produk anda yang juga harus cocok dengan karakter pasar yang dimiliki oleh Instagram, yakni kaum millenial, atau mereka yang masih tergolong muda. Tapi, meskipun ternyata produk anda belum cocok untuk pangsa tersebut, apa salahnya memiliki Instagram? Channel yang satu ini gratis, dan tidak ada salahnya untuk menggunakannya.

Dan sebagai penutup, Saya akan coba menekankan bahwa Instagram atau sosial media lainnya merupakan sebuah platform yang akan terus berbenah, dikemudian hari mungkin saja ada fitur-fitur yang ditambahkan atau malah dihilangkan. Kembali lagi kita sebagai Digital Entreprenur harus siap akan perubahan-perubahan tersebut. Dan artikel ini juga akan diupdate mengikuti perubahan yang terjadi pada Instagram. Maka silahkan bookmark/tandai artikel ini pada browser anda, jika anda merasa peforma bisnis instagram anda berkurang, atau ada fitur baru yang diperkenalkan di Instagram atau mungkin anda baru ingin memulai serius berbisnis di Instagram, silahkan kunjungi lagi artikel ini untuk menjadi referensi bagi anda. Hal ini seperti visi DEID, bahwa kami akan selalu mencoba untuk membantu anda untuk sukses dalam berbisnis Digital!