Tepat pada hari ini, Senin (22/01/2018), jika Anda membuka laman muka pencarian Google Anda akan melihat seorang pria berdasi yang sedang mengamati rol film. Rol film itu menjuntai membentuk kata Google.

Siapakah pria berdasi itu???

Dia adalah Sergei Eisenstein. Mengutip dari laman Google Doodle, Sergei Eisenstein merupakan seorang seniman dan sutradara film asal Soviet, Rusia yang lahir pada 22 Januari 1898 silam. Ia juga dikenal sebagai bapak montase dunia.

Google merayakan hari lahir Sergei Eisenstein yang ke-120, dalam Google Doodle hari ini.

Sergei Eisenstein yang meninggal pada 11 Februari 1948, memiliki beberapa fakta menarik yang bisa kita simak.

1. Sergei Eisenstein Adalah Seorang Arsitek

Jauh sebelum menggeluti karirnya di dunia perfilman, pria yang bernama lengkap Sergei Mikhailovich Eisenstein ini pernah mengenyam studi arsitektur dan teknik di Petrograd Institute of Civil Engineering. Ia mengikuti jejak sang ayah, yang merupakan seorang arsitek, Mikhail Osipovich Eisenstein.

Selama belajar di Institut of Civil Engineering, ia mempelajari konsep renaissance dan mempelopori produksi teater dari Meyerhold dan Yevreinov. Sergei Eisenstein juga mempelajari pekerjaan Leonardo da Vinci dan mepelajari penafsiran Freud da Vinci.

Baca juga : Whatsapp Business Sudah Bisa Digunakan Di Indonesia

2. Memiliki Karya-Karya Film Revolusioner

Dalam dunia film Sergei Eisenstein dikenal sebagai sutradara film Soviet Rusia yang revolusioner. Karya-karya filmnya yang cukup terkenal adalah film Strike, Kapal Perang Potemkin dan October, dan juga Alexander Nevsky dan Ivan the Terrible.

Salah satu film revolusioner karyanya berjudul Kapal Perang Potemkin. Film yang dibuat pada tahun 1925 ini dalam rangka untuk memperingati event yang fenomenal, yaitu Revolusi Rusia tahun 1905 yang mana film ini dibuat di Laut Hitam di pelabuhan Odessa.

3. Sergei Eisenstein Adalah Bapak Montase

Montase merupakan istilah di dalam perfilman sebuah teknik mengedit potongan film tematik yang terpisah lalu menggabungkannya ke dalam rangkaian yang tertata rapi.

Sergei Eisenstein
Sergei Eisenstein

Dengan teknik ini, bagian dari gambar-gambar yang gerak dapat disusun dengan hati-hati oleh sutradara, editor film, dan teknisi visual dan suara.
Dikutip dari Britannica.com, montase visual dapat menggabungkan gambar untuk menceritakan kisah secara kronologis.

Baca juga : 5 Tren Teknologi Dan Desain Website Di Tahun 2018

Sergei Eisenstein sendiri dikenal lantaran ia menggunakan teknik montase dan menghasilkan film yang dramatis. Alasannya, pada tahun 1925, Sergei Eisenstein merilis Bronyenosyets Potyomkin atau Kapal Perang Potemkin, sebuah film bisu yang sampai sekarang dirujuk sebagai batu loncatan dalam dunia perfilman dengan teknik film baru, teknik montase.

Hal itulah yang membuat Sergei Eisenstein dikenal sebagai Bapak Montase.