Digital marketing saat ini tidak hanya dilakukan oleh para pebisnis online saja, akan tetapi dilakukan juga oleh perusahaan-perusahaan besar lainnya. Digital Marketing atau pemasaran digital adalah suatu bentuk usaha mempromosikan dan memasarkan sebuah merek (brand) dengan menggunakan media digital yaitu melalui internet. Digital marketing kini merupakan strategi yang sangat popular dan efektif yang digunakan oleh hampir sebagian besar marketer di seluruh dunia. Hal ini merupakan dampak dari meningkatnya dunia internet dan teknologi, sehingga membuat internet menjadi market yang sangat prospektif dalam mempromosikan produk atau jasa.

Banyak perusahaan yang menggunakan jasa digital agency untuk membantu segala sesuatu yang berhubungan dengan marketing atau branding perusahaan yang dilakukan secara online. Tidak hanya mengandalkan seorang marketing offline saja, tetapi pada saat ini peran seorang digital marketer juga tidak kalah pentingnya dengan marketing offline. Beberapa perusahaan besar atau kecil, dari teknologi sampai pabrik membutuhkan digital agency untuk mengangkat brand dari sebuah produk/ jasa perusahaan tersebut. Salah satu digital agency yang kompeten di Surabaya dan Jakarta adalah Alphanext.

Secara spesifik tugas seorang digital marketer adalah menjadikan website selalu berada dihalaman utama mesin pencari dan juga melakukan berbagai promosi dan branding dengan strategi dan skill yang dimiliki. Agar semua kegiatan marketing dapat dijalankan dengan baik sesuai dengan ekspektasi, maka 5 skill di bawah ini wajib dimiliki oleh seorang digital marketer :

Baca juga : Bagaimana Menulis Artikel Blog yang Menarik???

“Aktif Di Social Media”

Seorang digital marketer sudah pasti sangat akrab dengan dunia social media. Karena di social media lah tempat bagi seorang digital marketer untuk berkreasi, mencari, mengumpulkan dan menggaet pelanggan lebih banyak dari sosial media. Dan tak hanya itu Seorang digital marketer harus bisa membuat strategi untuk meningkatkan leads bisnis mereka. Jika mereka menemukan social media yang baru mereka harus lebih cepat akrab dan memanfaatkannya untuk kegiatan bisnisnya. Karena tidak dapat dipungkiri lagi, social media merupakan komponen penting dalam channel digital marketing. Oleh karena itu, untuk menjadi digital marketer yang handal, wajib hukumnya untuk dapat aktif dan menguasai kemampuan social media dengan baik.

Produk yang dipromosikan akan lebih mudah mengena di hati para pengguna internet lewat beberapa social media seperti twitter, facebook, linked, bbm, instagram dan lainnya. Sebab saat social media telah menjadi media promosi yang sangat efektif bagi perusahaan untuk mempromosikan produk/ jasanya. Sebagai contoh, instagram banyak digunakan untuk mempromosikan produk fashion dan makanan karena instagram merupakan sebuah platform social media yang lebih mengandalkan foto, sehingga orang tertarik untuk melihatnya.

Baca juga : 6 Tips Social Media Untuk Memulai Bisnis Online

“Kreatif”

Menjadi seorang digital marketer harus mempunyai kreatifitas yang tinggi karena persaingan bisnis didunia digital saat ini semakin ketat. Jika seorang marketer tidak mempunyai kreatifitas untuk memasarkan produknya maka bukan tidak mungkin bisnis yang dijalankan sudah pasti kalah dengan para pesaing.

skill digital marketer
Jumlah like kurang sebanding dengan jumlah komentar

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan oleh seorang digital marketer untuk memasarkan produk/ jasanya. Salah satu misalnya : Memberikan discount 25% bagi pelanggan yang mengepostkan foto produk fashion yang sudah mereka beli ke dalam social media (Facebook, Instagram, Twitter, dll) disertai dengan caption yang dapat menarik pelanggan lain untuk membeli produk tersebut. Lalu mention ke account social media yang menjual produk tersebut. Contohnya : “Model baju bagus, bahannya juga nyaman dipakai. Pokoknya recomend banget dech !!”. Dengan strategi promosi seperti itu maka peluang untuk menarik perhatian pelanggan akan terbuka lebar.

“Mau Bekerjasama dengan Tim”

Sebenarnya bukan hanya seorang digital marketer yang dituntut harus mampu bekerja sama dengan tim, bisa dikatakan semua marketer bisnis offline pun juga harus mampu bekerjasama dengan tim mereka. Namun tak bisa dipungkiri lagi perkembangan teknologi dan juga cara dalam memasarkan produk/ jasa sebuah bisnis online saat ini terus berkembang pesat, itu sebabnya seorang digital marketer harus mampu bekerja secara tim. Bukan hanya untuk meringankan pekerjaan, tapi juga untuk mendapatkan pemikiran atau pendapat yang berbeda dari anggota tim. Ini akan menambah variasi ide untuk menciptakan sebuah temuan baru dalam memasarkan sebuah produk/ jasa yang dijual. Marketer harus bisa bekerja bersama tim atau dengan siapa saja, baik bersama sesama anggota tim marketing maupun orang yang berada di luar bisnis mereka.

“Adaptable dengan Perkembangan Teknologi”

Selain itu juga menjadi seorang yang berprofesi dalam digital marketing harus senantiasa update mengenai berbagai info terbaru dan juga tren social media yang berkembang dimasyarakat. Caranya adalah dengan senantiasa memantau perkembangan teknologi yang saat ini banyak diminati oleh penggunanya.

skill digital marketer
Adaptable dengan perkembangan teknologi.

Seperti yang sudah kita ketahui, digital marketer merupakan sebuah profesi yang sangat erat kaitannya dengan dunia digital dan teknologi yang selalu berkembang. Untuk itu, penting bagi seorang digital marketer untuk selalu beradaptasi dengan perkembangan dunia digital dan teknologi terkini. Sehingga, skill yang mereka miliki akan selalu berkembang dan update teknologi terbaru.

Baca juga : Tips Memulai Strategi Konten Marketing

“Komunikasi Visual”

Seperti yang kita ketahui, sekarang ini masyarakat lebih menyukai gambar sebagai media untuk menjelaskan arti. Dan seorang digital marketer harus bisa memvisualisasikan data ke dalam bentuk gambar.

skill digital marketer
Memvisualisasikan data ke dalam bentuk gambar, video, dan lain sebagainya.

Agar dapat menarik konsumen dengan arti sebuah gambar tersebut maka dibutuhkan skill yang mampu mengkomunikasikan manfaat sebuah produk/ jasa dalam bentuk gambar, video, dan sebagainya. Oleh karena itu, satu-satunya cara yang bisa ditempuh adalah tetap mengutamakan kreatifitas dalam setiap strategi marketing yang digunakan baik itu dari segi konten maupun lainnya.

Baca juga : 10 Kemampuan Dasar Online Marketing

Itu lah beberapa skill yang harus dimiliki oleh seorang digital marketer. Yang terpenting pada intinya, tugas seorang digital marketer adalah menjadikan website selalu berada dihalaman utama mesin pencari dan juga melakukan berbagai promosi dan branding dengan strategi dan skill yang dimiliki, serta mampu membuat para penggguna internet untuk tertarik dan betah berlama-lama membaca website yang telah dibuat.