Peranan IT (Informasi dan Teknologi) dalam kehidupan manusia sehari-hari, terutama untuk kegiatan bisnis saat ini sudah semakin penting. Karena seiring dengan perkembangan IT tersebut, manusia banyak melakukan pekerjaannya di depan komputer maupun dengan menggunakan handphone untuk berkomunikasi.

Di era ekonomi digital seperti sekarang ini yang serba cepat dan mudah turut mengubah gaya berbelanja konsumen yang juga menghasilkan bisnis gaya baru, yaitu bisnis online. Perkembangan bisnis online yang pesat di Indonesia turut memunculkan berbagai aplikasi online yang menunjang aktivitas bisnis online tak terkecuali sistem keuangan  secara online.

Sistem keuangan yang kini telah berkembang seiring dengan perkembangan teknologi yang begitu cepat ini telah terbukti sangat berperan penting dalam berbagai kegiatan bisnis terutama untuk masalah pembukuan dan akuntansi yang disebut sebagai cloud accounting.

Baca juga : Keunggulan BlockChain Dalam Transformasi Masa Depan Digital

Secara umum, definisi cloud accounting (akuntansi awan) merupakan seperangkat software dan hardware yang berkaitan dengan aplikasi akuntansi dimana pengguna tinggal menyewa tanpa harus memikirkan bagaimana sebuah aplikasinya di kelola dan disimpan.

Keberadaan sistem keuangan yang seperti itu sekarang telah mampu mendukung kinerja, peningkatan efisiensi, efektivitas dan juga produktivitas organisasi pemerintahan atau suatu bentuk usaha dalam dunia bisnis.

Keberadaan cloud accounting sendiri di era digital kini banyak membawa keuntungan bagi para pebisnis. Beberapa keuntungan menggunakan software akuntansi berbasis cloud tersebut antara lain :

“Pekerjaan Jadi Lebih Mudah”

Kemudahan akses adalah manfaat utama dari software akuntansi berbasis cloud. Anda atau karyawan anda dapat mengakses data keuangan bisnis anda dari manapun di seluruh dunia, kapan saja tanpa harus mendownload dan menginstal terlebih dahulu. Anda hanya membutuhkan koneksi internet untuk bisa mengakses software tersebut agar bisa login untuk masuk ke dalam akses software tersebut.

Baca juga : Mendorong Perkembangan Ekonomi Digital, Data Transaksi Toko Online Siap Dirilis Bulan Maret 2018

“Pekerjaan Jadi Lebih Cepat”

Teknologi canggih software akuntansi yang diakses melalui komputer membuat Anda menyelesaikan semua pekerjaan pencatatan keuangan anda mulai dari arus kas (cash flow), stok persediaan, hutang-piutang, laba rugi hingga laporan keuangan menjadi lebih cepat dan sistem akan mengolah data tersebut menjadi laporan keuangan yang realtime dan akurat.

“Meminimalkan Biaya”

software akuntansi berbasis cloud
Dengan software akuntansi berbasis cloud, kinerja karyawan perusahaan akan lebih efektif dan efisien.

Dalam sebuah perusahaan, untuk mengelola keuangan dengan baik dibutuhkan tiga atau lebih orang untuk mengatur keuangan. Namun dengan sebuah software akuntansi berbasis cloud, perusahaan akan lebih efektif dan efisien dalam mengeluarkan biaya serta tidak membutuhkan banyak karyawan untuk membuat pembukuan keuangan.

“Data Tersimpan dengan Aman”

Dalam sebuah bisnis, keamanan data keuangan sangat penting. Penggunaan sebuah software akuntansi sangat menguntungkan dimana data akan otomatis tersimpan di server. Software akuntansi cloud memberikan sistem keamanan yang sama, bahkan lebih baik, dari sistem keamanan yang dimiliki oleh software akuntansi tradisional.

Menggunakan software akuntansi tradisional memiliki resiko kehilangan atau kerusakan data jika device atau gadget yang terpasang software tersebut rusak. Kemungkinan data tercuri juga mungkin terjadi jika komputer anda dicuri atau dibajak oleh orang lain.

Namun, jika menggunakan software akuntansi cloud data anda akan aman karena disimpan di dalam sistem cloud. Akses untuk masuk ke dalam sistem cloud dikunci dengan password yang diset oleh pengguna. Dengan demikian data akan tersimpan lebih aman.

Baca juga : Marak Penipuan Belanja Online, Ini 5 Tips Lindungi Saldo Toko Online Anda

Bagaimana jika software akuntansi tersebut dibobol?

Keamanan server software akuntansi cloud didukung oleh sistem keamanan yang terupdate setiap harinya. Perusahaan penyedia software akuntansi cloud juga tidak akan mengetahui data yang anda masukan. Data anda juga akan di backup secara otomatis untuk memastikan keamanan dan keselamatan data jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

“Laporan Keuangan Lebih Jelas”

software akuntan berbasis cloud
Dengan software akuntansi cloud, anda tinggal menginput data ke dalam sistem saja dan nantinya sistem yang akan menghitung dan memproses data anda hingga menjadi laporan keuangan.

Laporan keuangan perusahaan memiliki data yang sangat banyak dan juga membutuhkan waktu yang tidak sebentar untuk menyusunnya secara manual, mulai dari membuat tabel di Microsoft Excel, memasukkan rumus dan lain sebagainya. Dengan software akuntansi berbasis, anda tinggal menginput data ke dalam sistem saja dan nantinya sistem yang akan menghitung dan memproses data anda hingga menjadi laporan keuangan.

Baca juga : Dunia Mulai Beralih Ke Era Digital : Hari ini Suka atau Tidak, Fakta Sudah Terjadi !!!

Dengan menggunakan teknologi berbasis cloud dalam sebuah bisnis, pelaku bisnis dapat meluangkan waktu dan menghemat tenaga dalam melakukan pekerjaannya sehingga mempermudah kegiatan bisnis. Software dengan teknologi ini biasanya juga tidak membuat anda harus mengeluarkan biaya tambahan di awal dan juga tidak mengharuskan anda untuk menandatangani kontrak yang panjang. Namun anda hanya perlu membayar biaya bulanan yang harganya relatif cukup murah, bahkan beberapa software juga ada yang memberikan masa percobaan selama 14-30 hari.