Seiring dengan perkembangan dunia digital saat ini semakin banyak para anak muda bangsa yang mendirikan bisnis startup.  Salah satu bisnis startup yang saat ini kian melesat adalah Tiket.com. Belajar dari kesuksesan yang telah diraih Online Travel Agent (OTA) di Tiongkok, India, dan Amerika Serikat, Tiket.com menjadi salah satu perusahaan OTA lokal yang populer di Tanah Air. Bahkan menjadi OTA pertama di Indonesia yang mengedukasi masyarakat untuk berbelanja secara online.

Berawal dari kesamaan hobi dalam dunia digital startup dan hobi travelling, 4 anak muda bertemu dalam satu tujuan yang sama untuk membangun sebuah e-commerce terintegrasi dalam bidang perjalanan, pariwisata, dan hiburan. Mereka adalah Gaery Undarsa, Wenas Agusetiawan, Dimas Surya, dan Natali Ardianto.

Baca juga : Perkembangan Bisnis E-tiket Di Indonesia

Tiket.com adalah situs web yang menyediakan layanan pemesanan hotel, tiket pesawat, tiket kereta api, dan penyewaan mobil yang berbasis di Jakarta, Indonesia. Tiket.com berdiri sejak Agustus 2011 dan mulai beroperasi mulai Desember 2011. Tiket.com merupakan salah satu rekan bisnis Kereta Api Indonesia dan juga bekerjasama dengan beberapa maskapai penerbangan di Indonesia.

Banyak anak muda sangat fokus mencari ide untuk mengembangkan bisnis startup mereka. Namun sayangnya ide tersebut tidak berangkat dari problem. Akibatnya, setelah menemukan ide mereka masih ragu-ragu untuk memulai usahanya.

startup sukses
“Jika memulai usaha sebaiknya berangkat dari problem” – Gaery Undarsa, Co-Founder & CMO Tiket.com.

Salah satu pendiri Tiket.com Gaery Undarsa memaparkan, “jika memulai usaha sebaiknya berangkat dari problem”. Lulusan dari Jurusan Sains Komputasi & Bisnis Simon Fraser University, Burnaby, BC, Kanada ini, mengawali  karier profesionalnya di Divisi E-Commerce HSBC Kanada. Pria ini juga sempat berkarier di IBM Kanada, dan Pacific Development Center, Vancouver.

Baca juga : 7 Tips Memulai Bisnis Travel Online

Dia mencontohkan, misalnya problem masyarakat di Indonesia harus mengantre saat membeli makanan, maka dari problem itu bisa dihadirkan layanan jasanya. “Ketika ada problem seperti itu maka kita coba pikirin solusinya. Ini bukan berarti ide lebih gimana gitu, tapi maksudnya kalau mau melakukan sesuatu coba berangkat dari problem yang benar-benar ada. Kalau dari problem nanti minimal ada orang yang mau pakai, “jelasnya.

Untuk solusi yang ditawarkan, kita tidak harus membuat konsep awal. Cukup melihat apakah sudah ada usaha sejenis di tempat lain. Tetapi konsep usaha tersebut belum ada di tempatnya. “Kalau misalnya sudah ada yang sukses dengan konsep yang sama di tempat lain, kan sebenarnya kita tinggal bawa itu di tempat kita,” ungkapnya.

“Jadi sebenarnya konsep itu tidak perlu kita pikirin dari nol. Kita hanya perlu lihat apa yang berhasil di sana, kita bawa dan adopsi, kita ubah sesuai dengan keperluan kita. Itu akan lebih cepat prosesnya,” lanjut Gaery. Sebagai salah satu startup online yang sukses di bidang reservasi tiket, Tiket.com berencana untuk mengembangkan bisnis di luar Indonesia.

Baca juga : Siapkah Bisnis Travel Anda Bersaing Secara Online?

Gaery Undarsa merupakan salah satu sosok muda pendiri startup online sukses yang bisa menjadi inspirasi bagi generasi muda Indonesia masa kini. Inovasi yang sudah dikembagkan telah membuka lapangan kerja baru di bidang reservasi tiket.