Berita dukacita cukup banyak membanjiri media sosial kemarin (14/3/2018), seorang ilmuwan besar di bidang kosmologi dan fisika teoritis, Stephen Hawking, telah meninggalkan kita semua di usia 76 tahun di rumah kediamannya di Cambridge, Inggris. Siapa sebenarnya Stephen Hawking?

Sosok Stephen Hawking dikenal sebagai sosok yang tangguh dan sangat inspiratif, bagaimana tidak? Di usianya yang masih sangat muda, dokter mendiagnosis Hawking mengidap motor neurone disease (MND) atau juga dikenal sebagai ALS (amyotrophic lateral sclerosis). Dimana penyakit tersebut akan menyebabkan hilangnya kendali sebagian tubuh manusia, dan dokter pun memprediksi bahwa umur Hawking hanya tinggal 2 tahun lagi.

Baca juga : Kebiasaan Virginia Woolf yang Sangat Inspiratif

Namun apa yang terjadi setelah itu? Meskipun mengidap kelumpuhan sejak usia 21 tahun, kecerdasan Stephen Hawking yang luar biasa tidak bisa dibohongi. Hawking merupakan profesor matematika Lucasian di Universitas Cambridge dimana hanya beberapa orang saja dalam sejarah yang bisa menjabat gelar tersebut.

stephen hawking
Stephen Hawking dalam sebuah acara

Hawking juga sangat dikenal akan sumbangsihnya di bidang ilmu pengetahuan fisika kuantum seperti kosmologi, gravitasi kuantum, lubang hitam, serta radiasi Hawking. Selain itu, ia pun dikenal sebagai salah satu penulis buku ternama di Inggris dengan karyanya yang berjudul A Brief History of Time yang mampu menduduki puncak ranking teratas buku terlaris surat kabar Sunday Times selama 4 tahun.

Kisah inspiratif Stephen Hawking sempat menginspirasi beberapa produser film yang sangat tertarik untuk membuat film berdasar dari kisah hidup yang dijalaninya. Di tahun 2014, film Theory of Everything resmi dirilis dan mendapatkan hasil yang cukup fantastis di Box office.

Baca juga : Mengenal Lebih Jauh Sosok Sergei Eisenstein

Dengan kecerdasan yang ia miliki, Stephen Hawking saat ini sukses menjabat sebagai direktur di lembaga riset ternama Center for Theoretical Cosmology, serta menyabet banyak penghargaan seperti Fundamental Physics Prize (2012), BBVA Foundation Frontiers of Knowledge Award (2015), dan Pride of Britain Awards (2016).

Selamat jalan Stephen Hawking, semua karya dan sumbangsih yang telah engkau berikan akan sangat menginspirasi banyak orang di seluruh dunia, selamanya.

 

(Source : Liputan6.com)