Ada beragam strategi jitu meningkatkan omset toko online. Tapi terkadang Anda  terpaku menggunakan teknik yang serupa berulang kali.  Nah, bagi Anda yang sedang mencoba meningkatkan omset, artikel  ini patut disimak. Beberapa strategi berikut tidak hanya membuat Anda mendapatkan pembeli baru, tetapi juga bisa membuat pelanggan lama semakin loyal dan melakukan repeat order.

  1. Berikan Diskon Terbatas

Diskon selalu menjadi cara ampuh untuk menarik pembeli. Anda bisa menerapkan peraturan tertentu, misalnya diskon hanya berlaku untuk 50 pembeli pertama atau berlaku hanya selama 3 hari. Kembangkanlah ide kreatif Anda  untuk  menyelenggarakan diskon ini. Misalnya, berikan diskon tertentu kepada pembeli yang berulang tahun pada hari pembelian.

Ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui sebelum menggunakan teknik diskon terbatas ini. Pastikan produk Anda berkualitas, kenali target pasar Anda, serta pastikan diskon Anda diketahui secara luas oleh pasar. Strategi diskon terbatas ini biasanya cocok untuk pasar menengah atas.

strategi meningkatkan omset bisnis
Credit: 1000thriftythings

Baca juga : 4 Ide Bisnis untuk Generasi Millennial

  1. LAKUKAN STRATEGI UPSELL DAN PAKET PENJUALAN

Strategi Upsell merupakan sebuah cara dimana penjual menawarkan paket yang lebih mahal dan berisi produk yang lebih lengkap kepada pembeli. Tunjukkan bahwa dengan membeli paket, maka pembeli  akan  mendapat lebih banyak variasi produk dengan harga yang lebih murah. Strategi ini secara tidak langsung akan dapat meningkatkan omset toko online Anda. Semakin banyak yang membeli paket produk, maka jumlah penjualan barang akan bertambah.

  1. EDUKASIKAN KELEBIHAN DAN MANFAAT PRODUK

Kadang, calon pembeli tidak ingin membeli produk dengan harga mahal bukan karena tidak berminat. Hanya saja, mereka belum mengetahui manfaat dan kelebihan produk tersebut.

Oleh karena itu, sebaiknya Anda gencar mengedukasi calon pembeli tentang kelebihan produk Anda. Dengan mengetahui keunggulan produk, maka peluang konsumen membeli produk tersebut akan lebih besar.

  1. KEKUATAN PENAWARAN SENSASIONAL

Sensational Offer atau penawaran sensasional merupakan cara untuk membuat calon konsumen sulit menolaknya. Disini, Anda melakukan berbagai upaya agar pembeli akan merasa rugi jika tidak mengambil penawaran tersebut.

Ada beberapa cara untuk membuat penawaran sensasional menurut Tung Desem Waringin. Konsep penawaran sensasional bisa berpijak pada prinsip USP, yaitu:

Ultimate Advantages: yaitu memberikan keunggulan terhadap produk sejenis yang beredar di pasaran.

Sensational Offer: yaitu membuat penawaran yang menarik sehingga orang- orang berebut untuk memperoleh produk Anda.

Powerful Promise, yaitu janji yang benar- benar meyakinkan pembeli untuk membeli produk kita.

  1. BERIKAN LAYANAN TERBAIK

Strategi ini merupakan langkah yang wajib Anda lakukan. Dengan memberikan pelayanan terbaik Anda akan memetik hasil yang manis. Pembeli tentu tidak akan kembali berbelanja di toko online Anda jika pelayanannya tidak ramah. Jadilah penjual yang fast respon, ramah, serta menguasai informasi produk.

strategi meningkatkan omset bisnis
Credit: business2community.com

Baca juga : Membangun Jaringan Reseller dari Konsumen Aktif

6.MANFAATKAN MARKETPLACE, FORUM JUAL BELI, DAN MEDIA SOSIAL

Agar penjualan Anda meningkat, sebaiknya Anda memanfaatkan marketplace, forum jual beli, dan media sosial. Semakin tersebar produk Anda, maka potensi calon konsumen berbelanja di toko online Anda semakin besar. Contoh marketplace yang dapat Anda coba adalah Tokopedia, Bukalapak, Shopee, Lazada, dan Mataharimall. Contoh forum jual beli yaitu FJB Kaskus, FJB Kompas, dan  FJB Detik. Sedangkan contoh media sosial adalah Facebook, Twitter, dan Instagram.

  1. TINGKATKAN PROMOSI

Hal yang tidak kalah penting untuk dilakukan adalah promosi. Dengan promosi, Anda dapat menyebarluaskan bisnis Anda. Semakin banyak orang yang mengetahui toko online Anda, maka potensi peningkatan omset akan semakin besar. Anda bisa mencoba berpromosi secara gratis maupun berbayar. Yang perlu diingat adalah, sebaiknya lakukan strategi promosi yang sesuai dengan pangsa pasar Anda.

Demikianlah 7 strategi meningkatkan omset. Selamat mencoba dan semoga sukses ya.

Jangan lewatkan Instagram Workshop bersama Digimaru, Sukses instant sebagai entrepreneur Online Business melalui Instagram. Daftarkan segera di Anda DI SINI.

membangun toko online instagram omset milyaran