Seiring dengan meningkatnya pengguna media sosial di Indonesia, saat ini perilaku belanja masyarakat telah beralih ke belanja online. Hal ini memberikan keuntungan tersendiri bagi para pelaku bisnis online.

Media sosial adalah salah satu media yang paling praktis digunakan oleh para pebisnis online untuk menjual produk bisnis mereka, salah satunya adalah melalui instagram.

Saat ini saja, Secara keseluruhan jumlah pengguna aktif bulanan Instagram sudah mencapai kisaran 800 juta, menurut keterangan Carolyn Everson, Vice President Global Marketing Solutions Facebook selaku perusahaan induk Instagram. 75 persen pengguna Instagram langsung bereaksi terhadap iklan di Instagram, misalnya dengan mengunjungi situs produk atau layanan tersebut.

Bingung tren strategi promosi seperti apa yang lagi ngehits di Instagram tahun 2018 ini ?

Baca juga : Trik Ampuh Membuka Toko Online di Instagram

Berbagai cara dapat anda terapkan untuk mempromosikan produk anda melalui Instagram. Ada lebih dari 55 juta foto bersama di Instagram setiap hari yang merupakan alasan besar lain mengapa bisnis anda perlu menggunakan media sosial ini.

Berikut ini ada 5 strategi promosi yang paling ngehits di instagram tahun 2018 bagi para startup :

1. InstaStory

strategi promosi instagram
InstaStory

Sekarang ini, hanya dengan modal akun Instagram, online shop bisa meraih omzet hingga jutaan rupiah. Apalagi ada fitur baru Instagram, yakni InstaStory yang bisa membantu seller untuk berinteraksi dengan calon konsumen secara langsung. Karena biasanya, konsumen memang cenderung mencari online shop yang memberi pelayanan terbaik, selalu merespon komentar atau pesan dan menjalin hubungan baik dengan konsumen. Adanya fitur Instagram tersebut sangat membantu seller untuk memahami keinginan konsumen. InstaStory juga bisa dimanfaatkan sebagai alat bekerja sama dengan brand lain atau influencer.

Baca juga : 10 Strategi Promosi Bisnis Melalui Instagram Story

2. Endorse Selebgram

Apabila produk anda dipromosikan melalui salah satu akun selebgram, otomatis masyarakat akan banyak melihat produk anda, mengingat jumlah followersnya yang cukup besar. Masyarakat yang tertarik juga akan mencari tahu online shop yang menjual produk tersebut, dengan klik akun online shop yang di tag di foto dan kemungkinan followers anda juga akan bertambah sehingga brand anda akan banyak dikenal oleh masyarakat.

3. Give Away

strategi promosi instagram
Giveaway

Giveaway merupakan sebuah kegiatan berupa pemberian hadiah gratis kepada siapa saja sesuai dengan produk yang dijanjikan oleh seller, namun peserta harus memenuhi syarat untuk mendapatkan hadiah gratis tersebut. Giveaway bukan untuk meningkatkan penjualan (selling), melainkan untuk menggencarkan promosi (marketing) suatu brand atau toko online atau produk tertentu. Namun dengan begitu juga akan tetap berdampak pada peningkatan penjualan, apabila dilakukan dengan strategi yang tepat.

Untuk dapat sukses membuat Giveaway di Instagram, buatlah games give away instagram yang mudah di ikuti oleh semua kalangan. Dan yang penting efek VIRAL nya diperhatikan. Ingat bahwa Fokus Giveaway bukan untuk meningkatkan penjualan, melainkan untuk menggencarkan promosi namun salah satu tujuan utamanya adalah tetap untuk meningkatkan penjualan. Contoh syarat games giveaway yang sederhana misalnya, peserta diwajibkan memposting gambar informasi giveaway di akun instagram mereka.

Dan bayangkan jika beberapa followers anda memposting informasi giveaway/ kuis tersebut dan dilihat oleh ratusan followers mereka, dan terlebih lagi followers mereka juga ikutan. Maka tidak menutup kemungkinan jumlah followers anda akan semakin bertambah.

Baca juga : 5 Tips Memilih Endorser yang Tepat untuk Bisnis Anda di Instagram

4. Paid Promote

Paid promote juga merupakan salah satu jasa iklan instagram yang sering digunakan seller online shop. Apa sih untungnya Paid Promote? Untungnya tentu banyak, apalagi bagi anda yang ingin mempromosikan produk jualan. Paid Promote biasa dilakukan oleh akun yang tentunya sudah memiliki jumlah followers yang banyak, maka dari itu setiap posting dari akun tersebut yang melihat pasti lah banyak, dimana banyak orang melihat maka semakin ada kemungkinan orang akan membelinya. Semakin banyak followers maka harga Paid Promote sendiri semakin mahal.

5. Instagram Ads

strategi promosi instagram
Instagram Ads

Instagram Ads tidak jauh beda dengan Facebook Ads, sehingga memungkinkan anda untuk memperoleh informasi pengguna instagram yang sangat spesifik. Instagram  Ads memiliki penargetan mulai dari lokasi, usia hingga jenis kelamin. Anda juga bisa mendapatkan data untuk pengguna instagram berdasarkan hobi, kepentingan dan koneksi para pengguna. Hal ini memungkinkan anda untuk menempatkan iklan anda langsung di depan target market yang anda bidik. Sehingga anda merasakan bagaimana keuntungan menggunakan Instagram Ads untuk bisnis online anda.

Baca juga : Semua Hal Yang HARUS Anda Ketahui tentang Bisnis di Instagram

Nah itu lah 5 strategi promosi yang paling ngehits di instagram tahun 2018 bagi para startup. Dengan menggunakan Instagram anda akan mendapatkan keunggulan kompetitif di dunia maya daripada di Facebook atau Twitter. Sebuah survei American Express menunjukkan bahwa hanya 2% dari usaha kecil saat ini merangkul Instagram, memberi mereka keuntungan lebih dari pesaing mereka. Ditambah bisnis yang menggabungkan IG ke dalam strategi pemasaran mereka akan lebih mungkin mencapai target pengikut mereka jauh lebih mudah daripada dengan Facebook atau Twitter di mana kompetisi jauh lebih besar di dua media sosial tersebut.