Apakah anda pernah mendengar Justin Wong? Dia adalah orang yang mendapatkan $12,000 (Rp. 168 juta) dalam satu bulan melalui toko E-commerce yang dia buat. Sebelumnya, dia adalah orang yang bekerja full-time untuk membiayai pendidikannya. Namun karena dirasa kurang cukup, dia pun mencoba berbagai macam cara untuk menghasilkan uang, hingga akhirnya peruntungannya jatuh kepada E-commerce.

Dan tentu saja, dia memulai Toko E-commerce nya tanpa modal. Mungkin anda kira ini adalah kasus khusus. Namun kita semua tahu, tak hanya Justin Wong yang bisa sukses dalam memulai toko online nya tanpa modal, apakah anda yang berikutnya?

Jangan khawatir, ini bukanlah gimmick agar anda membaca artikel ini. Ini adalah strategi yang sudah dicoba dan teruji dalam memulai toko online dengan Modal biaya nol. Banyak orang yang menjadikan ini sebagai sampingan, namun beberapa dari mereka akhirnya memutuskan unutk berhenti dari pekerjaan mereka dan fokus ke toko E-commerce mereka yang lebih sukses.

Jadi inilah empat opsi yang bisa anda coba untuk memulai bisnis online tanpa modal.

1. Cobalah Dropshipping

Jika anda belum pernah mendengar yang satu ini, maka tak perlu khawatir. Dropshipping sudah dilakukan oleh banyak sekali bisnis E-commerce dimana anda tak perlu menghandle produk anda sendiri. Melainkan, anda membelinya dari vendor pihak ketiga dan merekalah yang mengirimkan langsung kepada customer.

Keuntungannya? Anda tak perlu menyimpan inventory sendiri, jadi anda dapat mengeliminasi biaya untuk mendapatkan dan menyimpannya. Anda juga tak perlu khawatir mengenai pengiriman.

Faktanya, Justin yang menjadi contoh sebelumnya, memulai bisnisnya dengan sistem dropshipping ini. Anda dapat menggunakan marketplace-marketplace yang sudah ada untuk menjalankan sistem dropshipping, tapi anda akan mendapatkan lebih banyak keuntungan jika anda mendapatkan channel dari supplier langsung atau misal untuk barang import, melalui negara asalnya langsung dapat melalui AliExpress atau Dropship Direct untuk memulai toko online anda.

Baca Juga: Kenali Perbedaan Dropship VS Reseller Untuk Memulai Bisnis Online

2. Gunakan Platform yang siap Pakai

Untuk membuat toko online sebenarnya ada dua cara yang dapat anda lakukan. Yang pertama anda bisa membangun sebuah self-hosted store. Tentu saja hal ini tidak masuk kategori kita kali ini jika anda ingin memulai bisnis tanpa modal. Maka opsi yang satunya, yang direkomendasikan adalah membuat toko online melalui plstform e-commerce yang siap pakai.

Platform seperti Shopify, BigCommerce, Onlinestore.id, atau Etsy dapat membantu anda untuk memulai toko online menggunakan Design dan template dari mereka. Jadi anda tidak perlu khawatir mengenai pembelian domain dan mempekerjakan designer untuk membuat toko yang menarik dan bagus.

Situs-situs ini juga dapat anda customisasi sesuai dengan kebutuhan anda dan juga akan memanage pembayaran dan juga pengiriman dengan mudah. Anda bahkan tidak perlu memahami bahasa pemrograman untuk melakukan set up toko anda. Dan situs-situs ini mempunyai standard content yang bisa anda gunakan untuk bagian halaman “About Us” atau “ Terms and Conditions”.

Yang anda lakukan cukup membuat akun dan melakukan set up toko anda. Memang ada biaya bulanan yang perlu anda keluarkan, namun harganya jauh dari biaya yang harus anda keluarkan untuk membeli hosting sendiri dan memperkerjakan desainer. Sebagian dari situs tersebut juga menawarkan Free Trial yang dapat anda coba terlebih dahulu.

Jika memang anda tetap kekeuh untuk tidak mengeluarkan biaya sama sekali anda selalu dapat memulai melalui Marketplace yang Gratis, namun dengan segala keterbatasanya anda mungkin akan kesulitan untuk melakukan branding dan berbagai kegiatan marketing lainnya.

3. Manfaatkan Micro-influencer di Instagram

Saya yakin anda memiliki akun Instagram, mungkin setidaknya dengan nama anda pribadi. Tentu saja, mengenai aktif tidaknya itu adalah urusan yang lain. Bahkan jika anda itdak aktif di Instagram, anda masih dapat memanfaatkan micro-influencer untuk memasarkan produk anda. Bahkan anda dapat melakukan kerjasama dengan mereka, melakukan barter misalnya hingga anda tak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk post dari mereka.

Buatlah sebuah program afiliasi dengan micro-influencer anda – tak ada yang rumit, dan tak membutuhkan alat atau mekasnime yang sulit. Cukup kirimkan pesan kepada mereka dengan Discount atau kode kupon. Dan beritahu mereka bahwa anda akan membayar mereka dengan sekian persen sebagai biaya afiliasi dari setiap penjualan yang terjadi.

Rekomendasi dari Influencer dapat secara langsung mempengaruhi penjualan. Ada beberapa studi yang membuktikan hal itu, dan tentu saja beberapa contoh nyata dapat kita temui juga. Dan sebagian besar micro-influencers percaya bahwa Instagram adalah yang paling efektif untuk engage dengan follower mereka.

Anda dapat menggunakan tools seperti SociaBuzz misalnya untuk mencari micro-influencer yang relevan untuk anda. Dan coba kirimi mereka pesan dengan Kode Diskon tersebut. Faktanya, strategi inilah yang menghantarkan Justin untuk menghasilkan $12.000 di bulan pertama dari toko E-commerce nya.

Tools diatas bahkan tanpa biaya sama sekali jadi anda bisa memulai bahkan tanpa modal.

Baca Juga: 5 Tips Memilih Endorser yang Tepat untuk Bisnis Anda di Instagram

4. Pilihlah produk yang sedang diminati

Untuk membuat toko online anda benar-benar sukses, jualah produk yang orang-orang ingin beli. Beberapa cara mudah untuk menemukan produk yang sedang diminati adalah:

  • Lihatlah barang best-selling di marketplace seperti Tokopedia, Bukalapak, shopee, Lazada dsb.
  • Cobalah cek Google Trends dan lihatlah bagaimana performa produk-produk tersebut.

Pastikan produk-produk tersebut mempunyai stok di database dropshipping anda dan kalau bisa mempunyai fitur Free ongkir. Kemudian, usahakan juga untuk memilih produk yang tidak terlalu mahal, dengan ini anda akan memberikan customer anda alasan untuk membeli. Pastikan juga memilih suppliers yang mempunyai rating bagus dalam menyediakan produk.

Memang dari Tips ini mungkin tidak akan membantu anda untuk menjadi Tokopedia selanjutnya. Tapi memang bukan itu tujuannya kan? Ini hanyalah tips yang mudah, minim-budget (bahkan mungkin tidak ada sama sekali) untuk membangun bisnis sampingan anda. Sesuatu untuk membuat bola bergulir, dan cara-cara diatas adalah opsi yang dapat anda coba.

Tidaklah benar-benar mudah, memang itu kuncinya, karena jika hal ini mudah maka semua orang pasti berhasil melakukanya. Nyatanya banyak yang tidak serius akhirnya memilih menyerah, namun tak sedikit mereka yang berhasil, seperti contohnya Justin dan mungkin Justin-Justin lain diluar sana yang tak disorot oleh media. Jika anda memang serius untuk terjun kedalam binsi digital dan membuat toko online anda sendiri, setidaknya empat cara diatas adalah cara yang paling teramat mudah. Anda hanya perlu memulai, menjalaninya, merasakannya, mengujinya dan belajar dari pengalaman anda untuk dapat maju ke depan. Jika anda mempunyai cara lain yang menurut anda lebih mudah dari cara-cara yang sudah disebutkan diatas silahkan berbagi dengan kami semua disini.