Anda seorang pebisnis yang hendak meluncurkan produk baru? Sebelum meluncurkan produk ke pasaran, produsen pasti melakukan riset pasar untuk mencari tahu produk apa yang sedang dibutuhkan oleh orang banyak. Setelah itu, baru merancang produk yang sesuai dengan target pasar tersebut. Apabila produk sudah dihasilkan, maka langkah selanjutnya adalah melepasnya di pasaran dengan menggunakan berbagai strategi marketing untuk mengumpulkan masa dan melakukan penjualan.

Langkah-langkah tersebut lazim dilakukan agar produk yang dihasilkan bisa dapat diserap dengan baik. Namun, riset terbaru menyebutkan bahwa melepas produk ke pasaran pada saat yang tepat dengan audiens yang sudah tersedia membuat hasil pemasaran semakin bagus. Jadi, setelah melakukan riset pasar yang dilakukan adalah langsung melakukan marketing terlebih dahulu, baru kemudian memproduksi barang. Pendekatan ini kini sudah banyak dilakukan oleh para pelaku bisnis yang dikenal dengan dengan sistem pre order.

“Menciptakan Kolam Target Market”

target market
Berikan komunikasi terbaik dan tunjukkan keunggulan bisnis Anda terhadap customer

Untuk membangun audiens untuk produk yang hendak Anda pasarkan, maka bisa dilakukan dengan berbagai langkah sebagai berikut.

  1. Ciptakan ketertarikan pada “calon produk” dengan konten yang menarik

Menjual sebuah produk yang belum dihasilkan tentu memiliki tantangan tersendiri. Ketika belum ada produk, maka marketing value dari produk tersebut sangat penting. Ungkapkan kelebihan dan keunggulan produk yang akan Anda luncurkan. Buatlah konten marketing yang menarik serta mampu mendeskripsikan berbagai keunggulan calon produk. Hal ini akan membuat masa mengenal produk tersebut sehingga menciptakan ketertarikan untuk mengetahui lebih jauh. Pada tahap ini Anda telah membuat “cold market” menjadi “warm market”.

Baca juga : Menggunakan User Intent Sebagai Strategi Marketing

  1. Menjalin komunikasi untuk menarik target market menjadi “pembeli”

Ketika Anda sudah mengumpulkan audiens menjadi warm market, maka sebaiknya jagalah komunikasi dengan mereka secara intens. Anda bisa membuat jadwal peluncuran produk serta memberikan berbagai bonus untuk pemesanan pada tahap awal. Selain itu buatlah mereka memberikan alamat email atau nomor yang dihubungi untuk memberikan penawaran. Jangan lupa pula berikan pelayanan secara fast response apabila mereka ingin berkonsultasi tentang produk yang Anda tawarkan. Meskipun Anda hanya menjual konten, namun jagalah kualitas produk agar sesuai dengan spec yang telah dijanjikan.

  1. Berikan promo spesial untuk audiens setia Anda

Dengan memberikan jangka waktu penawaran istimewa, maka audiens yang sudah tertarik akan otomatis menjadi konsumen produk tersebut. Selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah melakukan perluasan pasar melalui berbagai sosial media. Selain itu memberikan “fasilitas khusus” untuk audiens setia yang mau ikut mempromosikan produk tersebut bisa menjadi pertimbangan untuk perluasan marketing. Promosi dari mulut ke mulut melalui testimoni pelanggan sangat efektif untuk pemasaran, karena itu harus selalu care pada audiens setia produk Anda. Beberapa cara yang bisa dilakukan adalah memberikan fasilitas member, merekrut mereka menjadi reseller, memberikan bonus-bonus khusus pada event-event tertentu, dan sebagainya.

Baca juga : Strategi Promosi Instagram Paling Hits Di Tahun 2018

“Pengembangan Bisnis”

target market
Pertahankan bisnis Anda dengan meningkatkan kualitas produk

Pada dasarnya, memiliki hot market atau audiens yang setia memberikan banyak keuntungan. Selain sebagai pelanggan setia produk tersebut, tentu juga dapat digunakan untuk mengembangkan bisnis dengan menjual produk lain. Tetapi satu hal yang perlu diperhatikan adalah selalu jaga kepercayaan audiens setia dengan mempertahankan kualitas produk serta pelayanan yang diberikan. Karena dua hal ini akan sangat berpengaruh pada sikap mereka.

Jika mereka selalu puas dengan pelayanan Anda, maka bisa dipastikan mereka tidak akan pindah ke lain hati meskipun banyak produk sejenis beredar di pasaran. Demikian juga ketika ada peluncuran produk baru, maka mereka akan dengan senang hati menerimanya.

 

(Source : id.techinasia)