Pemasaran di era digital membuka peluang pasar menjadi sangat luas. Segmentasi target market-nya pun bisa menjangkau berbagai kalangan. Semua kemudahan ini akan sangat bermanfaat bagi pengembangan bisnis jika bisa memanfaatkannya. Menggunakan media sosial untuk marketing bisnis lazim dilakukan, karena orang-orang “zaman now” lebih sering nongkrong di media sosial seperti Instagram untuk berinteraksi dengan orang lain.

Menurut beberapa sumber, selama 2017 tercatat tidak kurang dari 45 juta orang menjadi pengguna aktif Instagram di Indonesia. Saat ini Instagram sudah menjadi salah satu aplikasi untuk berbagi foto terpopuler di dunia. Bahkan pihak pengembang Instagram pun semakin memperbaiki performa aplikasi ini menjadi lebih sempurna. Kini bukan hanya akun Instagram personal yang bisa di-follow, tapi sebuah hashtag(#) juga bisa mendapat follower.

Baca juga : Manfaat Hashtag Sebagai Strategi Marketing Social Media

Ketika meng-upload foto di instagram tentu Anda akan menyertakan caption untuk pengantar atau penjelasan gambar. Sementara itu, hashtag atau tagar berfungsi untuk mengelompokkan postingan serta memudahkan pencarian satu topik. Karenanya hashtag ini menjadi keyword dalam pencarian di Instagram. Apabila pemberian hashtag tersebut tepat, maka postingan produk Anda akan muncul pada hasil pencarian. Semakin banyak orang yang melihat produk Anda, maka kesempatan untuk closing semakin terbuka lebar.

Berikut ini tips dan trik menggunakan hashtag di Instagram untuk melejitkan penjualan dalam bisnis Anda.

  1. Hashtag harus sesuai dengan postingan
hashtag
Credit : Birchbox

Foto pada Instagram memang harus bagus atau “Instagram-able” karena hal ini akan sangat menunjang promosi suatu produk. Berikan hashtag yang sesuai dengan produk serta keterangan seperlunya. Jika Anda berjualan buku Komputer, maka sebaiknya menggunkan beberapa hashtag seperti #buku, #komputer, atau #bukukomputer. Jangan memberikan hastag yang tidak berhubungan. Karena apabila Anda memberikan hashtag yang akan tidak sesuai, maka akan membuat konsumen bingung.

  1. Hashtag harus strategis

Pemilihan hashtag yang tepat tentu akan membuat banyak orang menemukan postingan Anda. Boleh-boleh saja Anda ikut menggunakan hashtag yang populer. Caranya bisa Anda cari di kolom “search” pada Instagram. Ketikkan kata yang merujuk pada produk Anda, maka akan muncul berbagai hashtag lain yang popular beserta jumlah akun yang melakukan pencarian. Anda juga bisa menggunakan aplikasi Android Hashtagger untuk mencari hashtag populer yang sesuai dengan postingan Anda.

  1. Berikan hashtag yang unik

Tips dan trik hashtag Instagram selanjutnya adalah buatlah improvisasi hashtag yang unik namun tetap sesuai dengan dengan isi postingan. Bisa jadi hashtag ciptaan Anda akan menjadi yang pertama dan menjadi trending topic. Jika hashtag menjadi ttrending topic, otomatis produk atau bisnis Anda bakalan semakin populer.

Baca juga : Strategi Promosi Bisnis Online dengan Menggunakan Insta Story

  1. Berikan hashtag pada postingan video

Berikan hashtag pada postingan video. Seperti halnya yang telah di-release oleh Instagram,  menyebutkan bahwa sistem algoritma Instagram sangat menyukai video. Maka dari itu buatlah postingan berupa video mengenai produk Anda. Anda bisa memposting video pembuatan produk, video tutorial pemakaian, video detail produk serta mengenai keunggulan produk, atau video testimoni pelanggan.  Jangan lupa berikan hashtag strategis pada video tersebut.

  1. Jangan terlalu banyak hashtag
hashtag
Jangan terlalu banyak memberi hashtag

Instagram membatasi jumlah hashtag sebanyak 30. Namun terlalu banyak hashtag akan membuat postingan jadi kurang bagus dan membuat calon konsumen menjadi terganggu. Sebaiknya gunakan maksimal 20 hashtag saja tiap kali posting.

  1. Peletakan hashtag

Letakkan hashtag pada kolom komentar pertama. Hal ini akan membuat caption menjadi lebih rapi. Peletakan hashtag di kolom komentar pertama memiliki efek yang sama dengan diletakkan pada caption.

  1. Ikut proyek hashtag Instagram

Anda bisa follow akun resmi @instagram untuk mengikuti proyek Weekend Hashtag Project. Jika Anda punya foto produk yang sesuai tema mingguan pada proyek, posting saja foto tersebut.  Jika postingan Anda terpilih oleh akun @instagram maka follower produk Anda akan bertambah secara alami.

Baca juga : Tips Memilih Endorser Instagram yang Tepat untuk Bisnis Anda

Demikianlah 7 Tips dan Trik Hashtag Instagram yang bisa melejitkan bisnis Anda. Walaupun persaingan bisnis online di luar sana sangat ketat dan terus bersaing. Yakinlah bahwa Andalah salah satunya yang mempunyai kekreatifitasan tersendiri, dan Anda bisa menuangkannya melalui strategi hashtag di Instagram ini. Semoga bermanfaat.