Membangun sebuah bisnis online itu pasti terasa sulit karena tidak tahu harus melakukan apa dan dari mana harus memulainya. Perlu anda tahu bahwa pentingnya social media dapat membantu mencari target konsumen yang lebih efektif, mempermudah konsumen untuk memberikan feedback mengenai bisnis anda secara langsung, menemukan konsumen baru dan memperluas target pasar. Bagi anda yang baru memulai bisnis online, ada beberapa tips social media yang sangat berguna untuk mengawali bisnis online.

Nah, berikut tips yang perlu dipertimbangkan/diterapkan dalam memulai bisnis online anda agar menguntungkan dan berjangka panjang :

1. Tetapkan tujuan anda terlebih dahulu

Sebelum memulai social media marketing, ada baiknya anda menentukan tujuan terlebih dahulu. Tujuan tersebut mencakup semua upaya untuk menjalankan bisnis di media sosial. Identifikasi tujuan anda apakah anda akan menggunakan Facebook, Twitter, Instagram ataupun social media lainnya untuk memasarkan produk anda.

2. Selalu menanggapi segala sesuatu (baik itu komentar positif maupun komentar negatif)

Jika anda berbisnis di dunia digital, anda juga pasti sering melihat, mengalami, bahkan mungkin menerima komplain dari customer baik itu bersifat positif maupun negatif. Dengan memberi pelayanan yang baik, customer berkemungkinan besar untuk melakukan repeat order.

Baca juga 7 prediksi media sosial yang digunakan pada tahun 2017 

3. Gunakan Hastags (#)

Hastags

Jika Anda menjalankan bisnis online via social media seperti Facebook, Twitter atau Instagram maka jangan pernah lupa menyisipkan Hashtag. Hashtag memudahkan Anda dalam mengkategorikan konten yang dibuat, baik itu artikel, video, atau pun foto, termasuk konten promosi Anda. Hashtag juga akan membuat para pengunjung atau pembaca konten  untuk mengetahui inti dan tujuan dari promosi anda. Selain menggunakan hashtag yang bersifat umum seperti #tas #baju #sepatu #celana dan lain-lain. Pelaku bisnis juga dapat menciptakan sendiri hashtag yang menjadi ciri khas dari produk yang dipasarkan. Sehingga, secara tidak langsung hashtag khusus tersebut akan memperkuat brand anda.

4. Gunakan gambar yang memiliki resolusi tinggi

Gambar beresolusi tinggi selalu menjadi pilihan terbaik. Karena merupakan cara termudah untuk membuat halaman sosial media anda benar-benar terlihat menonjol, terlihat lebih profesional dengan gambar yang tajam dan tidak blur serta dapat meningkatkan perhatian pengunjung terhadap produk atau jasa yang anda tawarkan. Namun perlu diperhatikan besar dari ukuran file foto agar tidak menjadikan lambat ketika dimuat dalam website anda.

Baca juga Cara Mudah Mendapat Lebih Banyak Like Di Instagram 

5. Gunakan platform yang paling banyak disukai

memulai bisnis online

Berbisnis online memang sangat identik dengan sosial media sebagai metode pemasarannya. Sama dengan pemasaran pada dunia nyata, pada sosial media pun perlu fungsi monitoring. Jika anda membutuhkan platform untuk fungsi monitoring media sosial anda, pilihlah platform yang sesuai dengan bisnis yang akan anda jalankan. Misalkan sekarang yang paling disukai dan banyak dilihat orang adalah video, maka anda bisa menggunakan facebook untuk mengaplikasikan facebook live, karena semakin sering anda memposting bisnis anda pada konten jenis ini maka kemungkinan besar postingan anda akan sering terlihat dan disukai.

6. Optimalkan profil anda

Terlepas dari platform apa yang anda gunakan, jika anda ingin memastikan profil anda dioptimalkan, maka profil anda harus berisi semua bagian-bagian yang sesuai dengan URL situs web, bagian kontak, nama id yang netral, dan halaman profil yang singkat sangat penting karena biasanya para pengunjung hanya bisa melihat sekilas untuk mendapatkan gambaran tentang anda. Tujuan dari halaman profil ini adalah untuk meyakinkan orang-orang agar mau memperhatikan aktivitas sosial anda.

Baca juga Toko online Anda sepi? Bagaimana cara mengatasinya?

Jadi dengan semakin berkembangnya era digital seperti saat ini social media bisa menjadi salah satu alternatif untuk mengawali dan meningkatkan branding ataupun penjualan dalam bisnis online anda.