Tips Memulai Strategi Konten Marketing

Biasanya, orang-orang di pencarian web untuk mencari informasi yang relevan. Konten marketing tugasnya menyediakan hal tersebut. Dalam dunia digital saat ini, orang-orang dibanjiri dengan iklan-iklan. Akibatnya, bisnis berjuang untuk mendapatkan perhatian dari konsumen.

Sebuah studi menunjukkan bahwa lebih dari 70 persen pengguna lebih suka mendapatkan informasi dari artikel dan bukan dari iklan perusahaan. Sekarang, untuk mencapai target pengunjung mereka, peningkatan jumlah bisnis mengandalkan strategi baru yang menjanjikan: konten marketing.

Apa Itu Konten Marketing?

konten-marketing

Tujuan dari  browsing adalah untuk menemukan informasi yang relevan dan konten berkualitas tinggi. Artinya teks, citra dan konten video harus memberikan informasi yang relevan dan menarik orang untuk mencari informasi di internet. Konten marketingadalah praktek yang membuat dan mendistribusikan konten yang menghibur, informatif dan membantu untuk pelanggan. Konten yang baik kemudian mengarahkan para pelanggan kembali ke website merek Anda, di mana Anda dapat menangkap leads dan menjual produk. Konten marketing yang sukses bisa menciptakan daya tarik positif untuk merek Anda – tanpa kerumitan pemasaran produk.

Pertahankan Konten yang Baik

konten marketing

Tangkap dan miliki minat pengunjung. Prioritas terbesar Anda adalah menampilkan konten yang baik untuk terus memperkuat hubungan antara mereka dan perusahaan Anda. Jika sudah begitu, situs web tersebut dapat menghasilkan traffic selama berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun. Bujuk pengunjung agar terus membaca, mengklik dan menjelajahi. Selain itu, Google memberi penghargaan bagi website yang menampilkan konten yang baik dengan meningkatkan peringkat di hasil pencarian.

Pemasaran Konten Dalam Praktek

konten marketing

Melihat grafik di atas, jelas bahwa popularitas pencarian “konten marketing” telah meningkat tajam sejak tahun 2011. Apalagi untuk tahun ini.

Karena kenaikan tersebut, banyak perusahaan besar, seperti Red Bull dan IKEA, telah menempatkan diri pada pemasaran dengan konten. Menurut survei terbaru yang dilakukan oleh “Institute Konten Marketing” yang terkenal, B2B perusahaan di Amerika Serikat berinvestasi, rata-rata, sekitar 30 persen dari anggaran pemasaran mereka untuk konten marketing. Selain itu, jumlah perusahaan kecil dan menengah meningkat tajam yang mengambil keuntungan dari peluang web dalam menyediakan konten marketing yang efisien.

Saluran untuk komunikasi hari ini lebih beragam dari sebelumnya, yang berarti hampir tidak ada batas untuk jangkauan publikasi. Itulah kenapa, banyak perusahaan mempertahankan blog mereka sendiri; mempublikasikan e-buku dan infografis; atau menghasilkan video untuk menunjukkan keahlian mereka.

Konten yang dihasilkan dalam bisnis cukup beragam. Toko web menawarkan produk profesional atau saran pembelian; anggota manajemen memberi komentar atas perkembangan saat ini dalam perusahaan pada blog perusahaan; dan produsen merek-nama produk menerbitkan e-buku serta memberikan tips tentang cara terbaik untuk menggunakan produk perusahaan.

Apa yang Bisa Konten Marketing Lakukan?

konten marketing

Kenali terlebih dahulu manfaat dan efisiensi dari strategi konten marketing. Menurut studi oleh agen komunikasi, Waggener Edstrom, 61 persen dari pemasar yang disurvei melihat peningkatan angka penjualan setelah menerapkan strategi konten marketing. Konten marketing juga membantu bisnis untuk mencapai sejumlah tujuan perusahaan lainnya, termasuk.:

  • Generasi Lead: Jika pelanggan terkesan dengan konten yang disediakan, ada kemungkinan besar bahwa mereka akan bersedia untuk memberikan rincian kontak mereka – apakah dari kepentingan produk atau hanya untuk mendapat lebih banyak konten.
  • Peningkatan jangkauan dan pengenalan nama: Seringkali, konten berkualitas tinggi membahas trending topik. Atau hal-hal yang kontroversial yang disebarkan melalui media sosial. Dengan mengambil keuntungan dari tren ini, perusahaan dapat meningkatkan keunggulan dan mencapainya.
  • Pengembangan karakter: Menyebarkan publikasi berkualitas tinggi secara teratur memungkinkan perusahaan untuk membangun diri mereka serta untuk memperkuat merek perusahaan.
  • Pembentukan pelanggan: Konten yang menawarkan informasi yang berguna menghubungkan pelanggan untuk perusahaan dalam jangka panjang. Dengan konsisten menawarkan konten yang baik, perusahaan membangkitkan minat di situs web mereka dan menarik pengguna untuk kembali berkunjung.

 

Checklist Untuk Kesuksesan Konten Marketing

konten marketing

Apa minat target pengunjung Anda? Cari minat target pengunjung Anda. Dari cara pandang konten marketing, hanya konten yang benar-benar relevan dengan target pengunjung yang dapat berkontribusi untuk perusahaan Anda dalam mencapai tujuannya.

Konten Berkualitas Tinggi: ditulis dengan baik dan konten yang menarik. Hindari dari salah ketik dan buat tulisan yang terstruktur agar enak dibaca.

Konten Unik: konten yang unik meningkatkan peringkat di mesin pencarian. Di sisi lain, konten yang kurang berguna bagi pengunjung akan tergeser ke halaman belakang.

SEO: konten online yang sukses tidak hanya unik, tapi juga yang ditulis dengan baik dan fokus pada kelompok sasaran tertentu, Hal ini untuk mengoptimalkan mesin pencarian dengan kata kunci, judul, struktur yang jelas dan link yang berguna.

Itulah kiat khusus untuk memulai konten marketing.

 

*Leads: bakal pembeli. Dimulai dari orang yang tertarik dengan produk Anda dan kemudian membuat keputusan untuk membeli produk.
*Traffic: lalu lintas yang terjadi antar komputer yang saling berkaitan dan tersambung oleh internet. Kalau bahasa sederhananya : jumlah orang yang mengakses website kita.