Sebuah halaman landing page perlu dibuat untuk memberikan pengalaman positif pada calon pelanggan. Hal ini sesuai dengan tujuan landing page untuk mengonversi pengunjung menjadi prospek.

Halaman ini berbeda dengan halaman lain, karena pada halaman ini memungkinkan anda untuk menangkap informasi pengunjung, seperti email dan nama, yang mana hal ini merupakan sebagai imbalan atas penawaran yang diinginkan.

Namun, dalam membuat landing page biasa tidak akan cukup untuk mencapai hasil maksimal. Melainkan, landing page perlu optimasi untuk meningkatkan konversi yang sesuai dengan harapan anda.

Pengalaman pengguna setelah mengklik halaman ini memengaruhi Ad Rank, Cost-per-Click (CPC) dan posisi anda dalam lelang iklan. Maka, kita perlu untuk menghindari pengalaman yang tidak diinginkan.

Untuk melakukannya, anda bisa lakukan 8 tips berikut:

  1. Menawarkan konten yang relevan, bermanfaat, dan original
  • Berusahalah untuk menawarkan fitur atau konten yang bermanfaat dan unik pada situs anda
  • Buatlah landing page anda relevan dengan ad text dan keyword anda.
  1. Promosikan secara transparansi dan dorong kepercayaan di situs anda
  • Membagi informasi bisnis anda secara terbuka dan jelas apa yang bisnis anda lakukan
  • Jelaskan produk dan layanan anda sebelum pengunjung mengisi data form
  • Buatlah pengunjung secara mudah menemukan informasi kontak anda
  • Jika anda meminta data pribadi konsumen anda, jelaskanlah kenapa anda menanyakannya dan apa yang akan anda lakukan dengan data tersebut.
  • Membedakan link sponsor, seperti ads, dari konten website anda.
  1. Rancang desain sesuai dengan segmen dan target audiens
  • Menggunakan bahasa komunikasi berdasarkan audiens agar pesan yang ingin disampaikan dapat mudah dipahami
  • Menambahkan gambar yang sesuai untuk meningkatkan konversi
  1. Jadikan navigasi pada seluler dan komputer secara mudah
  • Mengatur dan mendesain halaman anda dengan baik agar audiens anda tidak rumit untuk mencari informasi
  • Buatlah secara cepat dan mudah bagi orang-orang untuk melakukan pemesanan produk sesuai dengan yang disebutkan pada iklan anda
  • Hindari fitur pop-up atau lainnya yang mengganggu navigasi pada situs anda
  • Membantu pelanggan anda menemukan apa yang mereka cari dengan memprioritaskan konten yang utama
  1. Formulir yang mudah
  • Berikan format formulir dengan info yang dibutuhkan saja
  • Tidak memberikan formulir yang begitu panjang dan rumit karena akan memengaruhi pada konversi
  1. Be fast – kurangi waktu loading pada landing page anda
  • Pastikan landing page anda memuat dengan cepat ketika seseorang mengklik iklan anda, baik itu di computer atau perangkat seluler.
  1. Uji landing page anda
  • Menguji landing page anda dengan halaman yang berbeda atau A/B testing untuk melihat landing page mana yang memiliki banyak konversi
  • Bedakan pada beberapa hal untuk melakukan tes ini (headline, gambar, CTA, testimoni, konten, panjang halaman, formulir)
  1. Jadikan situs anda ramah seluler
  • Lihat bagaimana skor situs anda dalam kesesuaian dan kecepatan pada seluler, dan cari tahu cara memperbaikinya.