Membuat artikel bagi seorang blogger bukan lagi sebagai kewajiban akan tetapi sudah menjadi tuntutan yang memang harus terpenuhi. Oleh karenanya blogger harus bisa produktif dalam membuat artikel. Namun tidak semua blogger bisa produktif mengingat banyaknya jadwal di luar blogging.

Menulis artikel tentunya bukan pekerjaan mudah bagi siapa saja terlebih bagi blogger pemula, butuh usaha keras dan konsisten berlatih menulis. Demi mengejar target memiliki blog banyak pengunjung tidak aneh jika ada blogger memilih cara instan dengan memanfaatkan jasa penulisan artikel, menulis kembali artikel yang ada di jurnal atau koran, mencari blog bahasa Inggris kemudian menerjemahkan isi artikel, bahkan mengcopy karya tulis orang lain.

Sebuah blog atau website yang selalu update artikel sudah tentu akan memperoleh beberapa keuntungan. Dengan syarat artikel yang dibuat selalu memperhatikan kualitas dan konsistensinya. Salah satu alasan saya menulis artikel ini tentunya adalah berdasarkan pengalaman saya pribadi. Betapa susahnya menjaga fokus dan konsentrasi itu. Selalu ada saja “halangannya”. Ujung-ujungnya penundaan dan pembatalan menulis artikel menjadi konsekuensi yang selalu terabaikan. Pada akhirnya saya harus menyusun siasat demi siasat untuk segera “menyingkirkan” halangan-halangan itu. Dan tahu tidak?. Halangan-halangan itu sebenarnya adalah hal yang sepele, namun selalu saya anggap remeh, yang pada akhirnya saya jarang memperhatikan dan mengaturnya sedemikian rupa.

Baca juga : Bagaimana Menulis Artikel Blog yang Menarik???

Ada beberapa faktor yang menyebabkan beberapa blogger pemula seperti saya tidak bisa menjaga rutinitas posting setiap hari. Penyebabnya pun bermacam–macam, diantaranya tidak memiliki waktu karena sibuk dengan pekerjaan lain, atau karena tidak memiliki ide yang  fresh setiap hari dan juga hal-hal spele seperti kebiasaan berlama-lama di social media, melihat youtube, dan lain sebagainya.

Lalu bagaimana caranya agar anda tetap konsisten membuat artikel yang efektif setiap hari???

Berikut ini ada beberapa tips agar anda bisa konsisten menulis artikel blog yang efektif setiap hari :

“Persiapkan Ide dari Awal”

Salah satu penyebab blogger absen menulis tidak lain adalah dikarenakan belum memiliki ide artikel apa yang akan ditulisnya. Untuk menghindari hal ini, maka sebaiknya anda mempersiapkan ide penulisan artikel sebelum memasuki jadwal posting. Adapun ide dapat dikembangkan dari artikel-artikel yang sudah terpublikasikan di blog anda atau dengan cara mengembangkan topik pembahasan anda. Anda juga bisa mendapatkan ide dari artikel-artikel di halaman website lain dari dalam maupun luar negeri.

“Buat Jadwal Menulis”

membuat blog post

Selanjutnya yang perlu anda lakukan adalah membuat program penjadwalan. Misalkan dalam sepekan anda menargetkan 6 artikel, maka usahakan anda harus tetap menulis setiap hari. Kemudian, sempurnakan artikel yang sudah anda tulis saat tiba jadwal publikasi artikel tersebut. Ini akan mempermudah anda, karena anda sudah mempersiapkannya dari awal. Membuat jadwal menulis berguna untuk membantu mengingatkan tugas yang harus dikerjakan dan harus diselesaikan.

Baca juga : 3 Hal yang Perlu Dilakukan Marketer Di Awal Tahun Baru 2018 

“Bangun Kebiasaan Menulis Setiap Hari”

Membangun kebiasaan menulis setiap hari memang tak semudah yang dibayangkan. Namun jika anda memiliki komitmen, semua itu pasti bisa dilaksanakan. Meskipun pada awalnya akan muncul tekanan karena harus menulis tepat deadline, akan tetapi jika anda berusaha keras dan terus melakukannya, lama  kelamaan anda akan terbiasa dan semuanya akan menjadi lebih mudah sehingga lama-lama artikel yang anda buat juga akan memiliki kualitas yang baik dan selalu di tunggu-tunggu oleh pembaca. Tidak ada cara lain. Biasakan untuk menulis setiap hari maka anda akan tahu apa yang harus dilakukan untuk membiasakan diri menulis setiap hari. Setidaknya hal tersebut akan memudahkan anda dalam melakukan aktivitas ngeblog.

“Fokus Fokus Fokus”

Kebiasaan seperti berlama–lama di media sosial, melihat dasbor statistik blog, otak–atik template dan lain sebagainya sangat mengganggu fokus anda sehingga waktu anda hanya akan terbuang sia-sia. Solusi untuk menjaga fokus agar selalu posting artikel setiap hari adalah dengan membuat jadwal yang ketat. Karena untuk menghasilkan artikel blog yang baik, seorang blogger harus tetap fokus.

“Motivasi Diri Sendiri”

membuat blog post

Yang terpenting adalah memotivasi diri sendiri, sebab dorongan yang timbul dari diri sendiri akan menciptakan kenyamanan tanpa ada paksaan dari orang lain. Sehingga anda merasa enjoy ketika menulis dan  tentunya penuh dengan ide–ide yang brilian. Jika anda sudah mulai bosan ketika menulis, setidaknya luangkan waktu sebentar untuk merefresh beban anda, atau anda bisa melakukannya dengan hal-hal lain yang bisa membuat anda semangat kembali, misalnya menulis sambil mendengarkan musik kesukaan anda.

Baca juga : Tips Memulai Strategi Konten Marketing

Membuat blog memang tidak semudah yang dibayangkan, anda harus berusaha untuk selalu update, sejalan dengan itu artikel yang dibuat juga harus berkualitas bagi si pembaca. Semoga tips-tips diatas dapat membantu anda agar tetap konsisten dalam menulis artikel dan halaman website anda akan terlihat lebih profesional karena di dalamnya berisi artikel-artikel yang fresh.

Dan, jika anda adalah seorang Penulis Blog, Author, atau pihak yang bertanggung Jawab untuk konten dalam Website Bisnis Anda, Maka membuat konten yang menarik adalah suatu kewajiban.

DEID menyediakan Checklist yang bisa Anda Download GRATIS, untuk membantu anda membuat Konten SUPER!

Download sekarang, klik gambar di bawah!!

konsisten menulis
Checklist untuk Konten Super