Bagaimana trik membuka toko online di Instagram? Yups, dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir ini, dunia internet semakin berkembang pesat. Internet bukan hanya mengubah kebiasaan sehari-hari manusia modern, tetapi juga digunakan sebagai media informasi  tanpa batas. Namun, tak sedikit pula yang menggunakan internet sebagai ladang untuk mata pencaharian.

Apalagi semakin menjamurnya beragam jejaring sosial yang menandai perkembangan internet zaman sekarang, seperti misalnya Facebook, Twitter, hingga Instagram. Jejaring sosial tersebut tak hanya berfungsi untuk memajang foto pribadi, atau sekedar mencari teman dan relasi, tetapi keberadaan jejaring sosial itu juga digunakan untuk menimbun pundi rupiah dengan cara berbisnis melalui toko online.

Salah satu jejaring sosial yang memiliki peluang besar dalam dunia bisnis online adalah Instagram. Aplikasi ini awalnya digunakan sebagai media berbagi foto, namun pada akhirnya banyak pengguna yang memanfaatkan Instagram untuk kegiatan jual beli secara online atau membuka usaha toko online di Instagram, baik pemula hingga perusahaan besar. Fitur dan kemudahan aplikasi ini dinilai jauh lebih menguntungkan ketimbang jejaring sosial lainnya dalam dunia bisnis online.

Baca juga : Semua Hal Yang HARUS Anda Ketahui tentang Bisnis di Instagram

Tapi tahukah Anda, melakukan aktivitas jual beli di  berupa toko online di Instagram juga memerlukan strategi khusus untuk menarik calon pembelinya. Tak seperti toko offline yang menarik perhatian calon pembeli dengan cara melakukan promosi fisik seperti misalnya memasang banner, poster diskon, hingga memasang iklan melalui media cetak.

Berikut beberapa trik ampuh  yang dapat Anda terapkan untuk membuka toko online di Instagram :

  1. Buat akun khusus toko online Anda

Jika Anda masih berjualan di Instagram menggunakan akun pribadi, alangkah lebih baik bila mulai saat ini Anda membuat akun baru khusus toko online di Instagram Anda dan beri nama yang sesuai dengan produk yang Anda jual, atau sesuai dengan nama toko online Anda yang sudah dikenal oleh pelanggan.

  1. Cari followers sebanyak mungkin

Langkah selanjutnya setelah membuat akun baru untuk toko online di Instagram adalah memperbanyak jumlah followers dalam akun tersebut.   Trik mendapatkan followers bisa Anda lakukan secara manual dengan memfollow beberapa akun-akun prospek Anda, para followers kompetitor Anda misalnya. Selain itu Anda juga bisa menggunakan beberapa tools yang bisa semakin memudahkan Anda untuk mendapatkan followers baru contohnya adalah Celebgramme, dimana dengan Celebgramme ini Anda tidak hanya dimudahkan dalam mendapatkan autolike dalam setiap postingan Anda tetapi juga akan semakin meningkatkan jumlah “real followers” Anda. Tidak hanya Celebgramme, masih banyak lagi tools lainnya yang bisa mendukung bisnis di Instagram Anda.

membuka toko online instagram
Credit: ytimg
  1. Upload foto produk sebanyak mungkin

Jangan pernah ragu untuk mengupload foto produk toko online Anda. Pergunakan kesempatan untuk upload sebanyak mungkin foto produk, ketika akun instagram Anda dalam mode private. Tak ada salahnya bila Anda mengupload foto produk yang dipotret menggunakan kamera ponsel asalkan angle dan pencahayaannya pas, serta produk terlihat jelas.

Baca juga : Langkah Mudah Mengubah Ide Menjadi Bisnis Digital Sukses

  1. Percantik Foto Produk

Kamera bagus bukan menjadi jaminan lahirnya suatu foto yang berkualitas baik. Perlu sedikit trik agar foto tersebut bisa tampak cantik dan menarik. Percantik foto produk toko online Anda menggunakan beberapa filter yang tersedia di beragam aplikasi fotografi. Jangan lupa tambahkan kata-kata atau kalimat yang dapat menggugah dan memancing calon pembeli untuk semakin penasaran dan berminat dengan produk toko online Anda.

5. Buat postingan yang menarik

Selain foto produk kata-kata juga dapat membuat orang semakin tertarik dengan produk anda. Selain caption-caption spesifikasi, harga, dan detail produk. Anda dapat menyelipkan beberapa Quotes yang menarik yang sesuai dengan Audience anda. Post seperti ini dapat menjadi selingan atau refreshment yang bagus bagi para followers anda. Tentunya postingan seperti ini harus didesain semenarik mungkin, anda bisa menggunakan aplikasi semacam Canva untuk mendesain quotes-quotes yang menarik, selain itu anda juga bisa memanfaatkan aplikasi tersebut untuk poin ke enam kita juga.

6. Beri promo dan diskon

Gaet calon pembeli dengan cara sering memberikan promo menarik dan juga harga yang lebih murah dari akun kompetitor. Banyak cara promo yang dapat Anda terapkan, salah satunya adalah dengan cara mencantumkan harga baru sekaligus harga lama produk toko online Anda tersebut. Sudah bukan rahasia umum lagi bila konsumen sangat suka melihat harga coret pada akun-akun penjual di Instagram.

trik membangun toko online instagram
Credit: Crearcrear

Itulah beberapa trik ampuh yang dapat Anda lakukan untuk memulai berjualan dan memasarkan produk toko online di Instagram. Semoga membantu dan bermanfaat bagi Anda yang masih berpredikat sebagai pemula dalam dunia persaingan toko online Instagram.