Siapapun pengusaha atau pebisnis baik itu toko ritel maupun toko online pasti ingin memiliki omset atau pendapatan bisnis yang terus mengalami peningkatan. Namun untuk bisa meningkatkan penjualan, seorang pengusaha harus mau melakukan sesuatu. Umumnya usaha yang dilakukan pengusaha untuk meningkatkan omset adalah dengan meningkatkan jumlah penjualan produk atau jasanya.

Pergeseran tren belanja masyarakat membuat sejumlah toko ritel gulung tikar. Sebab kini masyarakat lebih memilih menggunakan jasa penjualan online seperti e-commerce atau market place. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya toko offline/ toko ritel besar yang menutup gerainya seperti, Matahari di Pasaraya dan Manggarai, Disc Tarra, Lotus Departement Store yang berlokasi di Thamrin, dan beberapa toko ritel lainnya. Penjualan yang kurang menguntungkan dan tren pergeseran belanja masyarakat dari offline ke online juga menjadi salah satu faktor yang mendukung penutupan beberapa gerai tersebut.

Baca juga : Selalu ada Peluang saat Ritel Banyak yang Tutup, Seperti ini!!

Nah berikut ini ada 4 trik mengoptimalkan penjualan tanpa harus menutup toko offline :

“Banyak Pintu Penjualan”

Tidak hanya mengandalkan toko ritel saja namun anda harus berinovasi mengubah strategi penjualan anda salah satunya dengan memanfaatkan media online juga untuk memasarkan produk anda, sebab masyarakat saat ini memang semakin banyak yang meminati belanja melalui media online. Memang model bisnis online saat ini begitu menjanjikan  dengan keuntungan yang lebih tinggi, namun masih banyak pemilik toko offline yang masih mengandalkan tokonya sebagai salah satu andalan distribusi penjualan. Seperti yang dilakukan oleh PT. Ramayana Lestari Sentosa (Ramayana) yang mulai meramba bisnis online. Hal ini dibuktikan dengan masuknya produk-produk ramayana yang juga dijual secara online di beberapa e-commerce seperti tokopedia dan lazada.

mengoptimalkan penjualan
Gunakan banyak pintu penjualan jika anda ingin tetap mempertahankan toko offline anda.

Ainu Rofik, Head of Marketing and Promotion Ramayana menegaskan, kendati mulai menjajaki potensi di ranah online, inti bisnis Ramayana masih bertumpu pada jaringan 118 department store yang tersebar di seluruh Indonesia. Ramayana juga tak akan beralih sepenuhnya ke online.

Baca juga : Marketplaces vs Toko Online Sendiri: Dimana Anda harus Menjual Produk Anda?

“Strategi Promosi”

Konsumen akan sangat senang jika mendapatkan diskon saat membeli produk. Untuk menawarkan diskon, ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan. Berikanlah diskon rasional yang tidak memberatkan anda sesuai harga pokok produksi anda. Jika memberikan diskon terlalu besar, itu akan menjadi boomerang sendiri bagi anda. Jangan terlalu sering memberikan diskon karena diskon seharusnya diberikan pada saat tertentu saja. Penawaran khusus terkadang lebih menarik daripada diskon, sehingga custumer dapat melihat bahwa penawaran khusus biasanya diberikan demi meningkatkan loyalitas pembelian customer.

mengoptimalkan penjualan
Salah satu strategi promosi untuk menarik konsumen.

Misalnya anda bisa memberikan promosi buy 2 get 1 jika pembelian dilakukan secara langsung di toko, atau memberikan diskon untuk pembelian minimal harga tertentu dengan menggunakan kartu member. Sedangkan untuk penjualan online anda bisa memberikan promosi berupa gratis ongkir dengan minimal pembelian, giveaway dan bisa juga dengan pemberian diskon namun diskon tersebut tentunya lebih kecil jika dibandingkan membeli secara langsung di toko offline.

“Melakukan Strategi Cross Selling”

Penjualan dengan strategi cross selling adalah teknik menjual produk/ jasa tertentu dengan menawarkan produk-produk lainnya yang berbeda. Cross selling akan lebih efektif jika menawarkan produk lain yang merupakan produk komplemen atau pelengkap dari produk yang sudah dibeli

Seperti misalnya, ketika anda berbelanja di toko pakaian, setelah anda memilih baju dan selesai mencoba tiba-tiba si SPG nya tidak sungkan untuk menawarkan, “Nggak sekalian beli celana nya mbak mumpung lagi promo?”. Strategi ini sangat efektif digunakan untuk meningkatkan penjualan produk anda.

Untuk lebih mengetahui apa itu social selling dan bagaimana cara menerapkannya pada bisnis anda sebaiknya baca juga cara Meningkatkan Penjualan dengan Cross Selling.

“Variasi dan Inovasi Produk”

Cara paling ampuh agar mampu bertahan dalam persaingan pasar yang ketat ini adalah dengan memberikan variasi dan inovasi produk. Sebagai seorang pebisnis kita harus paham seorang customer pasti menginginkan sesuatu yang baru dan inilah alasan kenapa bisnis yang mampu memberikan variasi dan inovasi lebih bertahan dari yang hanya satu variasi saja. Produk anda bisa dikatakan hebat dan bagus, jika produk anda bisa bertahan dalam jangka waktu yang lama, maksudnya bukan kadaluarsa produknya, tapi seberapa lama produk anda bisa bertahan di pasaran.

Saat ini semakin hari semakin banyak pesaing yang mucul dengan menawarkan keunggulan yang lebih baik dari pada produk anda. Karena banyak saat ini produknya bagus tapi sayang hanya bisa bertahan tidak lebih dalam jangka waktu 1 tahun saja, karena hanya booming pada saat awal-awal saja, tapi tidak bisa mempertahan produknya untuk tetap unggul dari masa ke masa, sehingga mengakibatkan produk anda harus tenggelam, karena semakin banyaknya muncul produk yang menyerupai dan menawarkan keunggulan yang lebih dari produk anda. Maka dari itu anda harus memberikan inovasi pada produk anda, agar produk anda tetap bisa bertahan dipasaran dan bisa bersaing dengan kompetitor baru.

mengoptimalkaa penjualan
Oleh-oleh khas Surabaya “Sambal Bu Rudy” yang terus berinovasi dengan menciptakan banyak varian rasa.

Misalnya sebagai contoh sederhana salah satu bisnis kuliner di Surabaya yang menjual olahan sambal yaitu “Sambal Bu Rudy” dulunya hanya menjual olahan sambal udang namun kini sudah menjual banyak varian rasa sambal seperti sambal bawang, sambal udang, sambal hijau, sambal teri, sambal terasi, dan lainnya. Sang pemilik toko Bu Rudy terus mengembangkan inovasi demi mempertahankan bisnisnya seiring dengan munculnya beberapa pesaing yang juga menjual produk sejenis.

Baca juga : Produk Bagus Tapi Tidak Laku? Harus Berbuat Apa Lagi?

Nah, itu tadi beberapa trik untuk mengoptimalkan penjualan tanpa harus menutup toko ritel anda, segera terapkan pada usaha yang anda jalani dan jangan ragu dengan apapun yang dapat menghalangi usaha yang anda jalankan tersebut. Lakukan dengan komitmen tinggi dan keyakinan bahwa anda akan sukses menjalankannya.