Anda pasti sudah mengetahui bahwa bisnis yang sukses selalu diawali dengan kisah yang panjang. Kisah tersebut bisa melibatkan cerita mengenai kesukaran, berbagai masalah, motivasi hingga kesuksesan tersebut diraih.

Dalam dunia teknologi, pertanyaan mengenai bagaimana bisnis dipastikan sukses menjadi sesuatu yang tidak lagi baru. Tiap hari kita bisa menemui orang yang memiliki pertanyaan tersebut, atau Anda sendiri yang memiliki pertanyaan itu.

Setiap bisnis sukses selalu memiliki kisah yang unik, meski begitu beberapa langkah yang diambil para pendirinya cenderung serupa.

Anda bisa mempelajari kisah dan langkah yang mereka ambil untuk kesuksesan bisnis Anda. Mungkin Anda akan mengalami situasi yang berbeda, namun kisah mereka dapat menjadi pelajaran bagi perkembangan bisnis Anda.

Seorang pendiri bisnis dalam bidang teknologi dapat mempertimbangkan hal berikut untuk mendapatkan peluang kesuksesannya:

1. Siapkan Produk

mengubah ide menjadi bisnis sukses
produk digital

Saat membangun sebuah bisnis, Anda tentunya harus merancang sebuah produk. Pada awal pendirian bisnis, Anda harus fokus untuk membangun produk.

Kembangkan produk dengan inovasi dan kreativitas Anda. Pastikan juga produk atau layanan yang Anda berikan memiliki kelebihan dibandingkan dengan produk lain yang telah ada di pasaran.

Tiga puluh persen dari keseluruhan pekerjaan Anda dalam jangka panjang adalah merancang dan mengembangkan produk.

Jika produk Anda sudah dipastikan dengan baik, Anda bisa mengalihkan fokus perhatian ke 70% pekerjaan lainnya yang menyangkut pemasaran, penjualan, pelayanan dan lainnya.

2. Mulai saja

Sebelum bisnis mulai dijalankan, Anda memang harus memperhitungkan rencana. Anda juga perlu memperhitungkan tujuan dan hal yang ingin Anda capai.

Tujuan dan rencana tersebut akan memudahkan Anda dalam menyusun strategi, baik strategi dalam pengembangan produk, strategi penjualan, strategi perekrutan hingga perhitungan mengenai pendirian kantor pusat.

Anda tentu harus mengumpulkan berbagai informasi terbaik serta memperhitungkan segala keputusan yang akan diambil dengan matang.

Anda juga tidak bisa mengabaikan bahwa eksekusi akan lebih bernilai dari segala informasi yang sempurna.

Memulai bisnis dari sekarang menjadi kunci dalam mengubah ide menjadi bisnis sukses.

Anda tidak akan bisa mencapai bisnis yang sukses jika Anda tidak segera mengambil tindakan. Jadi jangan segan untuk memulai sekarang.

Baca Juga Tidak Bisa Mengawali Bisnis Online? Terapkan 7 Tips Berikut

3. Fokus

mengubah ide menjadi bisnis
fokus

Secara garis besar, setiap perusahaan memiliki dua identitas yaitu layanan dan produk.

Bisnis yang sukses selalu memilih satu fokus yang jelas mengenai bidang yang mereka ambil.  Pilihan yang jelas akan menentukan setiap keputusan yang Anda ambil untuk kemajuan bisnis.

Anda mungkin memiliki banyak gagasan mengenai produk atau layanan yang ingin Anda geluti, namun pastikan Anda memilih salah satu dari ide tersebut dan fokus terhadap hal itu.

4. Pekerjakan karyawan pada waktu yang tepat

Perusahaan baru perlu mempekerjakan tenaga penjualan setelah melihat perkembangan bisnis dalam 12 sampai 18 bulan.

Bisnis yang sukses tidak memenuhi kebutuhan mereka mengenai hal tersebut secara terburu-buru.

Banyak perusahaan yang terhalang untuk tumbuh karena menganggap hal tersebut adalah kebutuhan saat ini.

Baca juga  Bagaimana Melakukan Engagement pada Member dalam Berbagai Generasi

5. Jangan kompromi hanya untuk satu pelanggan

Pada awal pengembangan bisnis, Anda mungkin hanya memiliki sedikit pelanggan. Anda juga akan mendapatkan ide-ide baru untuk pengembangan bisnis dari pelanggan yang Anda miliki.

Pernahkah Anda berfokus hanya pada satu pelanggan dan mengikuti gagasan yang mereka berikan secara spesifik?

Banyak pelaku bisnis yang mencoba menyesuaikan penawaran dengan kebutuhan spesifik pelanggan.

Menyesuaikan diri dengan kebutuhan pasar memang perlu Anda lakukan, namun jangan hanya berfokus pada gagasan pelanggan tertentu. Anda perlu tetap fokus dan memperhatikan tujuan yang ingin Anda capai.

6. Hadapi kegagalan

mengubah ide menjadi bisnis
hadapi kegagalan

Anda mungkin menemukan berbagai saran untuk menghindari kegagalan tertentu, namun Anda harus memahami bahwa bisnis yang sukses selalu mengalami kegagalan.

Sebelum bisnis menjadi sukses, mereka pasti akan menghadapi kegagalan. Perbedaannya mereka menghadapi kegagalan tersebut dan mengambil pelajaran dari hal tersebut.

Kegagalan akan memunculkan perubahan serta kesempatan untuk menang setelahnya.

7. Manfaatkan mitra teknologi

mengubah ide menjadi bisnis
mitra teknologi

Sebenarnya ada ekosistem besar dari perusahaan teknologi yang telah sukses dan bersedia menjalin kemitraan.

Jika perusahaan baru tidak bermitra dengan perusahaan yang mapan, mereka bisa kehilangan peluang untuk mengembangkan skala.

Visi dan gairah dapat menjadi fondasi yang kuat bagi bisnis, namun hal tersebut juga bisa membuat bisnis berada di jalan yang salah.

Sebuah bisnis yang sukses dibangun dengan mempertimbangkan investasi dengan hati-hati. Bisnis yang sukses juga memiliki pandangan yang tajam terhadap kegagalan dan selalu mengambil pelajaran dari masa lalu.