Bagi sebagian orang posting foto/ video di instagram bisa jadi hanya sebagai hiburan semata atau hanya sekedar ingin membagikan aktivitas yang sedang mereka lakukan. Namun bagi anda sebagai seorang pebisnis online, upload foto/ video di instagram merupakan langkah anda untuk mempromosikan produk/ jasa yang anda jual. Hal ini merupakan salah satu langkah bagi anda untuk mendapatkan keuntungan.

Para pengguna yang memposting gambar atau video di media sosial apapun tentu saja berharap mendapat like dan komentar bagus sebanyak-banyaknya dari pengguna lain. Jika mungkin, tentu saja para pemilik akun juga berharap mendapat follower baru. Apalagi, jika si pemilik akun adalah seseorang yang ingin berjualan (olshop) atau seseorang yang ingin membangun citra diri. Bagi seorang pebisnis online jumlah like di Instagram bisa berarti uang. Itu sebabnya, kualitas foto, caption, dan waktu posting menjadi hal yang penting.

Di Indonesia pengguna aplikasi instagram terus meningkat. Pada pertengahan tahun 2017 saja secara keseluruhan jumlah pengguna aktif bulanan Instagram sudah mencapai kisaran 800 juta, menurut keterangan Carolyn Everson, Vice President Global Marketing Solutions Facebook selaku perusahaan induk Instagram. Pengguna sebanyak itu tentu saja merupakan potensi yang sangat bagus untuk membangun citra jika dimanfaat dengan sebaik-baiknya bagi anda sebagai seorang pebisnis online.

Baca juga : Cara Mudah Mendapat Lebih Banyak Like Di Instagram

Mungkin sebagai seorang pebisnis anda sudah ahli dalam memilih foto yang paling menarik dan menulis caption yang bisa menarik perhatian. Tapi bagaimana dengan waktu untuk mengunggah foto/ video agar mendapatkan banyak like dan komentar ? Apakah anda sudah tahu waktu terbaik untuk posting di instagram?.

Lalu, apa kunci lainnya dari kesuksesan sebuah postingan instagram? Timing. Ya, timing adalah segalanya. Sebagus apapun gambar yang Anda posting, apabila tidak ada yang melihatnya pasti akan sama saja. Seperti halnya Twitter atau Facebook, pengguna instagram juga beraktivitas dalam waktu-waktu tertentu.

Waktu adalah segalanya, time is everything. Nah, kapan waktu terbaik untuk posting foto atau video di instagram?

“Waktu Terbaik Posting di Instagram”

Sebetulnya, waktu terbaik untuk memposting gambar atau video di Instagram berbeda-beda, tergantung dari seberapa banyak followers anda. Semakin banyak followers anda maka kemungkinan mendapatkan like dan komentar juga semakin banyak.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Latergramme terhadap 61.000 post, ditemukan fakta yang cukup menarik mengenai waktu posting di Instagram. Latergramme adalah sebuah layanan yang mengatur jadwal post instagram untuk melakukan analisis terhadap lebih dari 61 ribu posts untuk menentukan kapan foto yang diunggah ke instagram paling banyak mendapatkan like dan komentar.

Baca juga : 6 Tips Social Media Untuk Memulai Bisnis Online

waktu posting instagram
Waktu terbaik posting di instagram.

Penelitian yang bertujuan untuk mengungkap waktu dimana posting menerima banyak like dan comment ini menunjukkan hasil bahwa kebanyakan orang melakukan engagement di instagram pada pukul 2 dini hari dan pukul 5 sore.

Kenapa waktu-waktu tersebut menjadi puncak engagement terbanyak? Ya karena pada jam sore, lebih sedikit orang yang melakukan posting dan banyak engaged user yang menggunakan instagram di jam tersebut. Di jam 5 sore, banyak orang yang pulang kantor atau mungkin pulang sekolah. Ketika sedang di kendaraan umum, mereka akan melakukan sesuatu untuk mengisi kejenuhan setelah beraktivitas dengan scrolling timeline di instagram.

Apakah mereka akan memposting gambar di akun mereka pada jam tersebut? Tentu tidak. Maka dari itu, di jam 5 sore menjadi jam terbaik untuk memposting gambar anda. Waktu tersebut juga sangat tepat bagi anda seorang pebisnis online yang ingin melakukan branding terhadap produk anda.

Baca juga : 10 Macam Bisnis Di Instagram Yang Bisa Anda Dirikan

Selain jam terbaik, penelitian tersebut juga mengungkap jam terburuk untuk melakukan posting Instagram, yakni pada pukul 9 pagi dan 6 petang. Jam-jam tersebut memang banyak orang yang melakukan timeline scrolling di instagram, namun banyak juga orang yang memposting gambar mereka di jam tersebut. Tentu saja gambar anda pasti akan “tenggelam” apabila secara bersamaan anda melakukan posting di jam tersebut.

Ada jam, pasti ada hari terbaik. Lalu kapan hari terbaik untuk posting sebuah foto atau instagram?

“Hari Terbaik Posting di Instagram”

waktu posting instagram
Hari terbaik posting di instagram

Penelitian Latergramme mengungkapkan bahwa hari terbaik dalam melakukan posting adalah hari Rabu. Di hari tersebut, engagement (likes dan comments) yang dilakukan oleh pengguna instagram sangatlah banyak.

Namun, bukan berarti di hari lain buruk untuk melakukan posting. Hanya saja, engagement pengguna instagram tidak sebanyak yang muncul di hari Rabu. Itu artinya, untuk anda yang melakukan branding menggunakan Instagram, sebaiknya lakukan setiap hari. Meskipun sedikit yang melakukan engagement, setidaknya brand anda mulai dikenal.

Baca juga : 10 Strategi Promosi Bisnis Melalui Instagram Story

Nah itu tadi waktu dan jam terbaik yang bisa anda coba agar postingan anda di instagram mendapatkan banyak like dan komentar atau malakukan branding terhadap produk anda.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan banyak like dan komentar pada foto atau video yang kita unggah ke Instagram. Beberapa di antaranya adalah menggunakan filter sampai dengan hashtag tertentu yang banyak digunakan orang. Bahkan jam dan hari tertentu juga bisa menjadi salah satu faktor yang bisa membuat postingan anda di instagram di lihat banyak orang, dan bisa mendapatkan like/ komentar yang banyak dari followers anda.