Bagi sebagian orang posting foto/ video di instagram bisa jadi hanya sebagai hiburan semata atau hanya sekedar ingin membagikan aktivitas yang sedang mereka lakukan. Namun bagi anda sebagai seorang pebisnis online, upload foto/ video di instagram merupakan langkah anda untuk mempromosikan produk/jasa yang anda jual. Hal ini merupakan salah satu langkah bagi anda untuk mendapatkan keuntungan.

Para pengguna yang memposting gambar atau video di media sosial apapun tentu saja berharap mendapat like dan komentar bagus sebanyak-banyaknya dari pengguna lain. Jika mungkin, tentu saja para pemilik akun juga berharap mendapat follower baru. Apalagi, jika si pemilik akun adalah seseorang yang ingin berjualan (olshop) atau seseorang yang ingin membangun citra diri. Bagi seorang pebisnis online jumlah like di Instagram bisa berarti uang. Itu sebabnya, kualitas foto, caption, dan waktu posting menjadi hal yang penting.

Di Indonesia pengguna aplikasi instagram terus meningkat. Pada pertengahan tahun 2017 saja secara keseluruhan jumlah pengguna aktif bulanan Instagram sudah mencapai kisaran 800 juta, menurut keterangan Carolyn Everson, Vice President Global Marketing Solutions Facebook selaku perusahaan induk Instagram. Pengguna sebanyak itu tentu saja merupakan potensi yang sangat bagus untuk membangun citra jika dimanfaat dengan sebaik-baiknya bagi anda sebagai seorang pebisnis online.

Baca juga : Cara Mudah Mendapat Lebih Banyak Like Di Instagram

Sebenarnya kunci utama dari Post di Instagram untuk mendapatkan like adalah, content yang berkualitas. Jika anda memposting konten dan langsung banyak yang ngelike, berarti itu tanda bahwa konten anda bagus, dan algoritma Instagram, yang sekarang tampilan feednya sudah tidak mengikuti timeline, akan menampilkannya pada lebih banyak orang. Tapi tetap saja saat anda memposting konten anda pada waktu yang tepat, kesempatan untuk menjangkau lebih banyak orang akan lebih besar.

Maka yang juga menjadi kunci untuk post Instagram dengan Engagement tinggi adalah Timing. Jika konten Instagram anda Sudah bagus, namun engagement yang diaharapkan belum maksimal katakanlah reachnya atau likes nya jauh dibawah jumlah follower anda. Maka anda perlu memperhatikan timing posting Instagram anda. Seperti halnya Twitter atau Facebook, pengguna instagram juga beraktivitas dalam waktu-waktu tertentu.

Karena trend yang senantiasa berubah, Waktu terbaik untuk posting di Instagram juga seringkali berubah dari waktu ke waktu, oleh karena itu pada artikel kali ini saya akan coba juga menunjukan bagaimana menemukan waktu terbaik untuk posting di Instagram pada bisnis anda.

“Waktu Terbaik Posting di Instagram”

Sebetulnya, waktu terbaik untuk memposting gambar atau video di Instagram berbeda-beda tentu saja untuk setiap bisnis. Hal ini berkaitan dengan Followers anda. Karakter dan Persona dari follower anda akan menentukan waktu yang tepat untuk posting di Instagram karena setiap demografi, katakanlah antara Anak Sekolah dan Pegawai Kantoran, tentu saja mempunyai jadwal aktivitas yang berbeda, dan akan menghasilkan output yang berbeda terkait engagement nya di Instagram.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Latergram terhadap para Social Media manager, memunculkan fakta yang cukup menarik mengenai waktu posting di Instagram. Latergram sendiri merupakan sebuah layanan tools untuk mengatur jadwal post instagram. Pada tahun 2017, 50% dari Social Media Manager tersebut menyatakan bahwa waktu terbaik untuk posting di Instagram adalah malam hari dari pukul 19.00 sampai 21.00. Namun pada tahun 2018, kebanyakan dari mereka malah memilih waktu makan siang antara pukul 11.00-13.00 yang menjadi waktu terbaik untuk posting kemudian baru diikuti malam harinya.

Baca juga : 6 Tips Social Media Untuk Memulai Bisnis Online

waktu posting instagram
Waktu terbaik posting di instagram.

Sebelumnya pada artikel ini juga, sebelum diupdate disebutkan bahwa pukul 17.00 dan 02.00 dini hari menjadi waktu yang cukup bagus juga untuk mendapatkan engagement tinggi, karena pada saat itu aktivitas orang cenderung lengang, ada yang sedang commuting untuk pulang kerumah, ada yang lagi insom tak bisa tidur, maka jujukan utama kemungkinan adalah Instagram atau Sosial Media.

Baca juga : 10 Macam Bisnis Di Instagram Yang Bisa Anda Dirikan

Tapi kembali lagi, mungkin waktu-waktu yang disebutkan di atas bisa jadi bukan waktu terbaik untuk anda. Sebenarnya ada 3 rules umum untuk dapat memaksimalkan waktu posting di Instagram.

  • Melakukan Posting di Waktu Aktif sesuai Zona Waktu
    Yang satu ini sebenarnya berpengaruh kalau target anda berbeda Zona Waktu dengan anda, katakanlah produk anda memiliki target orang Eropa atau US yang zona waktunya berbeda, maka ikutilah Zona waktu dari Audience anda. Contohnya jika audience anda adalah orang-orang Amerika, dan anda coba mengikuti waktu makan siang di US, maka kemungkinan anda harus posting dini hari di sini. Atau contoh dekatnya kalau produk anda spesifik untuk orang di Waktu Indonesia Tengah/Timur, maka coba sesuaikanlah.
  • Melakukan Posting di waktu-waktu senggang atau saat tidak bekerja
    Seperti waktu-waktu yang ditunjukkan dari polling dan penelitian di atas, semua waktu tersebut, adalah waktu saat orang sedang tidak sibuk bekerja/beraktivitas. Maka mereka cenderung beraktivitas di sosial media saat tidak sedang bekerja.
  • Simpan Post penting untuk Weekdays
    Perbedaannya tipis, tapi ada perbedaan yang dapat dilihat saat posting berbeda hari, dan biasanya weekend atau liburan cenderung mempunyai performa yang tidak bagus. lalu adakah hari yang bagus? Ada.

 

“Hari Terbaik Posting di Instagram”

waktu posting instagram
Hari terbaik posting di instagram

Penelitian lain Latergram yang melibatkan 61000 post menunjukkan bahwa hari terbaik dalam melakukan posting adalah hari Rabu dan Kamis. Di hari tersebut, engagement (likes dan comments) yang dilakukan oleh pengguna instagram menjadi yang tinggi-tingginya.

Sebenarnya bisa dinalar juga sih, bahwa Rabu dan Kamis, yang merupakan puncaknya weekdays adalah saat orang mungkin sudah mulai penat bekerja, dan membutuhkan refreshment singkat, salah satunya adalah melalui sosial media. Kalau pertanyaannya kenapa Weekend atau liburan tidak bagus? padahal disitu orang sudah tidak bekerja/libur. Jawabnya, mungkin mereka tidak bekerja, tapi seringkali Weekend atau Liburan dihabiskan dengan aktivitas lain yang lebih menyenangkan, entah itu berlibur, atau menikmati waktu bersama keluarga. Maka bagi professional, seringkali hari libur, sosial media malah ditinggalkan.

Baca juga : Semua Hal Yang HARUS Anda Ketahui tentang Bisnis di Instagram

Bagaimana Cara menentukan Waktu Terbaik Posting Instagram untuk Anda

Data di atas didapat dari polling dan research, kemudian muncul anggapan bahwa, jika itu waktu terbaik, maka semua brand/semua bisnis akan posting di waktu itu, dan bisa saja postingan anda akan tenggelam pada akhirnya.

Oleh karena itu, anda masih perlu untuk melakukan percobaan atau testing sendiri, waktu optimal bagi audience anda atau bisnis anda untuk melakukan posting di Instagram. Anda juga dapat melakukan research anda sendiri secara Gratis untuk menentukan Waktu Terbaik Posting di Instagram. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Temukan Puncak Time Zone anda

    Seperti general rules tadi, anda harus mengetahui Time Zone dari Followers anda. Dan cara mengetahuinya adalah sangat mudah. Jika Akun Instagram anda sudah menjadi Business Profile, maka anda dapat menggunakannya untuk mendapatkan Insights, dan ini GRATIS!

    Insight Instagram
    Source: Latergram

    Instagram Insight memberikan kita semua data yang dibutuhkan untuk mengenali Audience atau Follower kita. Ingat! Data ini relevan jika anda selama ini mendapatkan follower yang organic, atau follower organic masih memegang presentase yang lebih besar dari pada follower non organic (dari beli follower, fake accounts, follow to follow, dsb).

    Dari data tersebut, anda dapat melihat demografi seperti usia, gender, lokasi, dan yang paling penting, kapan waktu mereka paling aktif di Instagram.

    Source: Latergram

    Insight ini sangat memudahkan anda untuk menemukan waktu yang tepat untuk posting di Instagram karena menunjukan baik Jam dan juga Hari dimana para Followers anda sangat aktif menggunakan Instagram.

    Data ini dapat menjadi starting point, dan pengetahuan Umum akan waktu yang tepat berdasarkan Audience atau Followers anda sendiri.

  2. Bereksperimenlah dengan Waktu Posting dan Ukur Progress yang anda dapatkan!

    Jika anda merasa kesulitan dengan angka-angkanya, berdayakanlah Spreadsheet dari Google untuk mencatat progress dan Peforma Engagement setiap Harinya.

    Anda dapat memulai dengan memilih Lima waktu berbeda dalam seminggu.

    Sebagai contoh, Anda sudah mengetahui bahwa followers anda paling aktif pada pukul 5 sore sampai 9 malam. Maka anda bisa menjadwalkan postingan anda pada pukul 5, 6, 7, 8, dan 9 malam.

    Pada Spreadsheet catat berapa banyak comments dan like yang didapatkan oleh setiap post, tulis juga tanggal dan Waktu post nya.

    pada minggu berikutnya tukar waktu posting untuk setiap harinya, contoh, jika anda pada hari senin posting pada pukul 5 sore di minggu pertama, maka senin berikutnya ubah menjadi pukul 6 sore.

    Mungkin cara ini membutuhkan waktu beberapa minggu untuk melihat hasil optimalnya. Tapi cara ini adalah cara yang bagus untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari Waktu posting Instagram, yang sesuai dengan Follower dan Target Audience anda.

Nah itulah wawasan dan beberapa tips dan cara untuk memaksimalkan posting Instagram anda berdasarkan Waktu dan Hari.

Instagram memang menjadi tempat yang sangat menarik bagi kita Digital Entrepreneur. Sebuah platform yang bisa digunakan untuk meningkatkan nilai branding atau bahkan bisa dijadikan sebagai tulang punggung bisnis, bagi beberapa Niche Bisnis. Jika anda hendak memaksimalkan Potensi bisnis anda di Instagram anda dapat juga membaca artikel-artikel kami yang membahas kekuatan, peluang, dan strategi yang bisa dilakukan di Instagram berikut:
Semua Hal yang HARUS anda Ketahui tentang Bisnis di Instagram