Dunia teknologi makin berkembang dan mewabah disemua lini bisnis. Whatsapp yang kita kenal sebagai aplikasi pengirim pesan dan video call, sekarang mempunyai ide dan invovasi baru. Whatsapp melirik metode bisnis digital payment atau pembayaran digital yang dianggap lebih efisien, lebih praktis, lebih aman, dan kedepannya bisa menggantikan pembayaran secara tunai. Dengan dasar tersebut Whatsapp akhirnya membuka peluang bisnis baru yaitu WhatsApp Payment.

Untuk menggunakan Whatsapp Payment, terlebih dahulu pengguna akan diberikan perjanjian MoU antara pengguna, Whatsapp, dan bank.  Anda sebagai pengguna harus mensinkronkan terlebih dahulu nomor telepon di bank tempat Anda menyimpan uang dengan nomor Whatsapp yang digunakan. Setelah semua selesai maka Anda sebagai pengguna akan mendapat nomor UPI (Unified Payment Interface) yang akan digunakan pada saat bertransaksi di Whatsapp Payment.

whatsapp
Credit : Dazeinfo

Whatsapp sudah merilis aplikasi WhatsApp Payment versi beta-nya di Android dan IOS beberapa saat yang lalu. Aplikasi ini sudah diluncurkan dan digunakan di India pada bulan Februari 2018. India dipilih menjadi pilot project WhatsApp Payment karena bank pemerintah di India bersedia bekerjasama dengan Whatsapp. Terbukti dalam kurun waktu 5 bulan tidak kurang dari 70 bank India sudah mampu bekerja sama dengan aplikasi WhatsApp Payment. Hal ini sesuai dengan visi negara India yaitu ”Menuju India Digital”.

Baca juga : Pembayaran T-cash Untuk Transaksi Pembelian BBM

Menurut beberapa sumber menyebutkan sebuah ikon dengan simbol tanda Rupee akan muncul bersamaan dengan tombol berbagi lokasi atau kontak saat pengguna meng-klik simbol “lampirkan” di layar obrolan. Pengguna bisa mengirim atau meminta uang dengan mengklik tombol Rupee. Pengguna dapat memasukkan jumlah yang harus dibayar dan nomor identifikasi pribadi sebelum klik kirim. Sementara itu penerima akan mendapatkan pemberitahuan, serupa dengan yang ada saat Anda menerima kontak. Ada pilihan untuk menerima atau menolak permintaan tersebut. Aplikasi chat ini telah digunakan lebih dari 200 juta pengguna di India dan 1,3 miliar di seluruh dunia. Selain itu berkat peran pemertintah yang memberikan harga internet dan smartphone murah.

Aplikasi WhatsApp Payment saat ini masih hanya bisa melakukan pembayaran “peer to peer” atau person to person. Jadi masih belum bisa melakukan pembayaran pada pihak ke tiga. Kedepannya pasti akan dikembangkan sehingga bisa melakukan pembayaran pada pihak ke tiga. Cara melakukan transaksi di Whatsapp sangat mudah. Jika Anda ingin mencobanya maka carilah partner, karena membutuhkan dua orang yang akan bertransaksi.

Baca juga : Augmented Reality akan Mengubah E-commerce Jadi A-Commerce???

Anda dan partner harus menginstall Aplikasi WhatsApp Versi Beta. Setelah aplikasi tersebut terinstall, buka contact person pengguna yang akan bertransaksi dengan Anda. Selanjutnya Anda bisa menekan ikon attachment yang biasa digunakan untuk mengirim dokumen, foto, audio, lokasi, atau pun kontak.  Maka pada deretan tersebut akan ada fitur baru yaitu ” Payment”. Klik pada pilihan “akun payment”, kemudian pilih akun bank Anda. Lalu silakan pilih bank tujuan transaksi atau bank milik partner Anda. Masukan nilai uang yang akan Anda transfer, lalu masukan kode UPI (semacam PIN) yang sudah Anda miliki. Send, maka uang Anda akan terkirim secara digital ke bank milik partner Anda.

Bagaimana, cukup mudah bukan? Pembayaran transaksi digital memang sudah banyak, namun dengan kehadiran WhatsApp Payment tentu akan memberikan kemudahan lebih untuk transaksi bisnis. Mengingat dengan banyaknya pengguna aplikasi ini dan kemudahan yang diberikannya, sehingga tidak menutup kemungkinan bahwa selanjutnya kemajuan bisnis memang benar-benar ada dalam genggaman Anda.  Semoga bermanfaat.